Kamis, 18 Juni 2015

contoh laporan KKn jurusan PGMI

LAPORAN INDIVIDU
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR 03 PAJAR BULAN DESA SUKABUMI










DiajukanSebagaiLaporanIndividu
UntukMelengkapiTugasAkhir KKN UIN Raden Fatah Palembang
Angkatan Ke-65 Tahun 2015
Oleh:
AMIR HAMZAH
NIM : 11270005


DosenPembimbingLapangan
HERWANSYAH,M.Ag
NIP.


FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH
PELEMBANG
2015
KATA PENGANTAR

بسم الله الرّحمن الرّحيم

            Segala Puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmatnya kepada kita sehingga kita bisa melaksanakan aktivitas sehari-hari. Shalawat dan salam selalu kita sampaikan kepada qudwah kita Nabi Besar Muhammad SAW.
            Seiring dengan telah selesainya pelaksanaan KuliahKerjaNyata(KKN) Tematik Posdaya UIN Raden Fatah Palembang angkatanke-65 kelompok 26 pada tanggal 10 Februari s/d 26 Maret 2015 maka dengan ini penulis sampaikan laporan pelaksanaan kegiatan individu selama KKN berlangsung.
            Mungkin banyak kekurangan dari laporan ini penulis sampaikan maka penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya&kedepan dapat menjadi rujukan atas kegiatan sejenis serta mampu Memenuhi persyaratan nilai akhir KKN, serta kewajiban penulis selaku mahasiswa yaitu mata kuliah yang dijalani dan merupakan bekal di masyarakat nantinya.
Penulis ucapkan terimakasih yang mendalam dan penghargaan yang setinggih-tinggihnya kepada semuapihak yang telah membantu dalam proses penyusunan laporan ini khususnya penulis sampaikan kepada yang terhormat :
1.      BapakProf.Dr. H. AflatunMuchtar,MA,selaku Rektor UIN Raden  Fatah  Palembang.
2.      Bapak Dr.H. Kasinyo, M.Ag selaku Dekan Fakultas Tarbiyah.
3.      Bapak Prof.Ris’an Rusli M.Ag Selaku ketua LP2M
4.      Bapak H.Komarudin,M.Si, selaku Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat Kuliah Kerja Nyata ( LP2M KKN ).
5.      Bapak Herwansyah,M.Ag, selakuDosen Pembimbing Lapangan.
6.      Bapak Kuswari, selaku Kepala Desa Gajah Mati, Kecamatan Pajar Bulan Kab.Lahat,beserta para jajarannya yang telah memberikan bimbingan dan dukunganya kepada kami.
7.      Eka Heriansyah Ketua BPD beserta staff dan jajaranya
8.      Andik ketua karang taruna beserta perangktnya
9.      Rekan-rekan KKN Kelompok 26 yang selalu memberikan dukungan dan kerjasama yang baik.
10.  Tokoh agama dan tokoh masyarakat yang telah membantu dalam menyukseskan pelaksanaan program kerja kami.
11.  Semua lapisan masyarakat Desa Sukabumi yang telah membantu kami dalam menyelenggarakan program kerja kami.

Besar harapan kami semoga laporan yang kami susun ini dapat berguna khususnya bagi saya selaku peserta KKN di Desa Sukabumi  dan umumnya bagi masyarakat Desa Sukabumi Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat dan juga bagi kampus kami tercinta, UIN Raden Fatah Palembang.

Palembang,    Maret 2015
Penulis,


AMIR HAMZAH
NIM: 11270005

















UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR 03 PAJAR BULAN DESA SUKABUMI

 Laporan Individu
KKN ke 65 TEMATIK POSDAYA Tahun 2015
UIN Raden Fatah Palembang


Oleh

Nama                      :AMIR HAMZAH
Nim                         : 11270005
Kelompok              : 26
Desa                        : SUKABUMI
Kecamatan                        : Pajar Bulan
           

Mengesahkan,
Tanggal,    Maret 2014
DPL,


HERWANSYAH,M.Ag
NIP.
               





BAB 1
PENDAHULUAN
A.    LatarBelakang
Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah  Palembang adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang sebelumnya bernama Institut Agama Islam Negri (IAIN), memiliki kedudukan terkhusus dalam masyarakat, dengan salah satu tujuannya adalah menjadikan mahasiswa/i memiliki akhlakul karimah. Institut ini telah banyak meluluskan kader-kader bangsa yang membanggakan. Di sini mahasiswa/i bukan hanya dituntut untuk dapat memahami ilmu yang diperoleh, tetapi mahasiswa/i juga di peruntukkan untuk dapat mengamalkan ilmu yang telah di dapat selama di bangku kuliah. Dan salah satu cara untuk dapat mengamalkan ilmu tersebut, ialah dengan melalui Mata Kuliah Kuliah Kerja Nyata (Nyata) yang diwajibkan bagi mahasiswa/i Instiut Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Kuliah Kerja Nyata atau disingkat dengan KKN memiliki peran tersendiri dalam pengamalannya. Sebelum mahasiswa/i lulus dari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, mereka harus sudah memiliki pengalaman terjun ataupun bergabung dengan masyarakat, dari bagaimana mereka menyatukan diri sebagai masyarakat yang beradab, mencontohkan diri sebagai seseorang yang memiliki akhlak yang terpuji, Mengadakan Kegiatan /Program yang belum adan yang nantinya akan bermanfaat untuk masyarakat serta ikut dalam kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat dan sebagainya.
Untuk itu semua, mahasiswa/iharus pula memiliki kemampuan (skill) yang matang baik secara teori maupun prakteknya, agar dalam pengaplikasiannya dapat terealisasikan dengan baik dan sesuai dengan apa yang di harapkan baik oleh mahasiswa itu sendiri ,pihak kampus dan seluruh masyarakat.  Bergabung menjadi masyarakat dengan berbeda ras,suku dan Bahasa menjadikan sebuah tantangan tersendiri bagi peserta KKN. Jika dilihat dari bidang pendidikan, pembangunan, keagamaan, kesehatan dan lainnya memiliki structural tersendiri.
            Mahasiswa di tengah-tengah masyarakat bisa menjadi agent of change and social control yang berpotensi dalam pembinaan masyarakat dalam kehidupan yang nyata. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Raden Fatah Palembang sebagai salah satu pengemban misi intelektual mempunyai kewajiban dan tanggung jawab mengembangkan komitmen ke Islaman dan Pendidikan . KKN adalah bagian dari kegiatan pokok manifestasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan sarana pembinaan bagi mahasiswa dalam mengembangkan teori yang didapat dibangku perkuliahan kepada prakteknya dilapangan. Adapun realisasi dari KKN adalah mahasiswa sebagai penyampai dan masyarakat sebagai penerima  dalam mensukseskan program kerja terencana kegiatan KKN.
            Pelaksanaan pembinaan bagi mahasiswa sebagai penyampai disesuaikan pada keilmuan di Fakultas Tarbiyah secara proporsional. Sesuai dengan keilmuan Fakultas Tarbiyah dan penelitian yang telah dilakukan, ada hal menarik yang akan saya teliti berhubungan dengan permasalahan di sekolah tempat kami mengaplikasikan ilmu pengetahuan hal yang menjadi masalah di sekolah ini adalah Hasil belajar siswa SD Negri 03 Pajar Bulan Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat, sehingga membuat saya tertarik untuk mengangkat hal ini, karena pendidikan itu merupakan hal yang penting dalam kehidupan baik secara individu maupun sosial, disamping itu menuntut ilmu juga salah satu kewajiban bagi setiap umat muslim dari buaian sampai liang lahat. Semoga penelitian ini akan bermanfaat dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Penempatan lokasi KKN Untuk angakatan 65 dibagi ke dalam dua wilayah yaitu wilayah Lahat dan MUBA , kami alhamdulilah mendapat di daerah desa Sukabumi Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat. Untuk mendukung agar pegetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan Hasil belajar siswa di sekiolah dasar desa Sukabumi dapat meningkat dengan baik,maka salah satu faktornya ialah perlu adanya pengembangan dengan cara wajib belajar 12 tahun, dan Guru yang mengajar harus kreatif dengan memiliki beberapa metode dan menganjurkan anak didiknya mengikuti les/privat pelajaran yang dipelajarinya.
Kemudian jika melihat perkembangan cara wajib belajar 12 tahun bagi masyarakat desa Sukabumi dapat pula dilihat dari kondisi desa yang memiliki sekolah, yaitu Sekolah Dasar Negeri 03 Pajar Bulan . Sekolah ini terletak di sebelah desa pulau panggung . Bentuk dari pembangunan sekolah tersebut bertujuan bahwa agar masyarakat setempat dapat melaksanakan dan menikmati proses belajar mengajar daapat tercapai dengan baik. Selain itu, masyarakat desa sukabumi banyak yang melanjutkan proses belajar nya di luar daerah .   
Semua ini adalah bentuk dari dukungan orang tua terhadap anak sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan masyarakat desa Sukabumi kecamatan Pajar Bulan.




B.     RumusanMasalah
1.    Bagaimana Hasil Belajar Siswa SD Negri 03 Pajar Bulan sebelum penelitian di lakukan?
2.    Bagaiaman hasil belajar siswa SD Negri 03 Pajar Bulan sesudah penelitian?
3.    Apakah ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penelitian?
C.      KegunaanPenelitian
Adapun kegunaan dari penelitian ini, yaitu :
1.      Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa di sekolah dasar 03 pajar bulan.
2.      Untuk mengetahui apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah penelitian .
3.      Sebagai bahan informasi kepada pihak terkait dan yang berkepentingan dalam pengumpulan data-data.
D.      PelaksanaanPenelitian
Penelitian ini dilakukan selama 45 hari terhitung sejak 10 Februari sampai 25 Maret 2015 di desa Sukabumi kecamatan pajar bulan kabupaten lahat







BAB II
PEMBAHASAN
A.    Hasil Penelitian
Adapun hasil penelitian yang di dapat, yaitu sebagai berikut:
1.      Kurangnya Hasil Belajar Siswa
            Kurangnya hasilnya belajar siswa di sekolah dasar negri 03 pajar bulan sangat mempengaruhi mutu pendidikan di desa sukabumi dan berdampak pada pola hidup di masyarakat dan akhlak siswa yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku
Minimnya hasil belajar siswa di sekolah dasar negri  desa Sukabumi Kecamatan Pajar Bulan Kabipaten Lahat, membuat siswa kesulitan dan merasa tidak percaya diri terutama untuk kelas enam yang akan melaksanakan ujian nasional. Bahkan ketika peneliti memasuki kelas untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa di sekolah dasar negri 03 pajar bulan siswa merasa gugup.
Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata saya sebagai mahasiswa UIN raden fatah mengaplikasikan ilmu-ilmu yang saya dapatkan di bangku kuliah dan pengalaman mengajar saya di madrasah ibtidaiyah yang sejajar dengan sekolah dasar disini saya menerapkan beberapa metode contohnya bamboo dancing, tebak kata , numbered head together dan tukar pasangan alhamdulilah dalam pelaksanaan semua siswa merasa senang dengan metode yang saya terapkan hal ini dapat terlihart dari antusias siswa dalam mengikuti pelajaran yang kami sampaikan dan kami juga memprogramkan belajar tambahan untuk siswa-siswi di posko kami yang di laksanakan setiap malam senin, rabu dan sabtu dari pukul 19.30 -21.15, dan alhamdulilah hasil belajar siswa berdasarkan evaluasi yang kami laksananakn meningkat dan kepercayaan diri siswa meningkat hal itu terlihat ketika mereka antusias untuk bertanya dan menjawab sewaktu proses pembelajaran.
Pentingnya hasil belajar siswa untuk memberikan rasa percaya diri kepada siswa dan mempengaruhinya dalam kehidupan di masyarakat, apalagi siswa-siswi ini masih sekolah dasar yang perjalanan pendidikannya masih panjang ,yang nantinya akan bersaing dengan siswa-siswi di luar desa tersebut, di harapkan apabila siswa mempunyai hasil belajar tinggi di harapkan berpengaruh kepada mental dan nantinya menjadi generasi penerus bangsa yang di harapkan.
Pembelajaran yang lebih penting lagi bagi generasi anak-anak warga Desa Sukabumi yaitu,  harus didukung SDM (sumber daya manusia) yang cukup sehingga dapat membuat siswa tertarik dalam melakasanakan proses belajar dan pembelajaran. Seperti halnya dalam mengajar seorang pendidik perlu memiliki metode atau strategi sehingga memmbuat siswa tertarik dalam proses belajar dan pembelajaran. Bahkan bila perlu di adakan workshop mengenai metode dan strategi pembelajaran. Namun, keadaan ini tidak seperti yang kita haarapkan. Karena seperti yang peneliti lihat bahwa, guru yang kita kenal sebagai fasilitator di SDN 03 Pajar Bulan mayoritas guru-guru nya lulusan dari Universitas Terbuka dan kebanyakan guru –guru di desa sukabumi masih berkebun jadi terkadang kurang nya profesionalitas seorang guru.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Ilmu pengetahuan sangat penting untuk semua manusia bahkan agama islam menjelaskan dalam hadits “tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat “ pada hakekatnya harapan seluruh siswa mengharapkan hasil terbaik yang mereka inginkan, proses lah yang menentukan hasil belajar mereka.
Ada beberapa faktor yang membuat kurangnya hasil belajar siswa di sekolah dasar negri 03 pajar bulan
a.       Guru Kurang memaksimalnya waktu mata pelajaran yang tersedia
b.      Guru kurang kreatif sehingga siswa merasa bosan dengan apa yang di sampaikan oleh guru
c.       Kurangnya sarana dan prasarana di sekolah tersebut
d.      Kurangnya bimbingan dari orang tua karena belum seluruhnya masyarakat memperhatikan anak-anak nya dalam belajar
e.       Tidak adanya tempat bimbingan belajar/les
f.       Kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya belar
B.     Saran
Setelah melakukan penelitian (observasi), peniliti memiliki beberapa saran, seperti dalam bidang penyampaian materi/ilmu. Peniliti menyarankan supaya guru di SDN 03 Pajar Bulan dapat menyampaikan materi dengan menggunakan berbagai metode, sehingga membuat siswa tertarik dalam mendalami ilmu pengetahuan. Bila perlu dihadirkan guru yang paham/menguasi ilmu tentang metode dan strategi pembelajaran dan kepala madrasah lebih memperhatikan kinerja-kinerja guru yang mengajar di sekolah dasar 03 pajar bulan.
Selain itu, sebagai orang tua yang selama ini dianggap sebagai motivator utama, seharusnya memberikan dorongan, dukungan, ataupun motivasi supaya anak rajin daalam belajar dan mengikuti pelajaran
Dan guru harus memberikan belajar tambahan untuk siswa-siswi agar hasil belajar yang di inginkan sesuai dengan apa yang di harapkan oleh semua pihak




















Lampiran I
PROFIL DAERAH 

B.  Gambaran Umum Lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Posdaya Angkatan ke-65
1.      Deskripsi Desa Gajah Mati
Pada saat ini Kepala Desa Sukabumi Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten lahat di pimpin oleh bapak kuswari, bapak Kuswari sebenarnya Sekretaris Desa namun karena belum adanya kepala desa selanjutnya bapak kuswari di tunjuk (PJS) camat pajar bulan, karena kepala desa sebelumnya telah habis masa jabatanya dan belum di adakan pemilihan kepala desa baru
2.      Potensi Sumber Daya Alam
Keadaan geografis
a.        Sejarah dan Letak Wilayah
          Mulanya Desa sukabumi berasal dari daerah talang gelung sakti namun pada masa penjajahan tidak adanya mata pencaharian tetap di daerah tersebut karena gersang yang ada hanya hutan ilalang, belanda pada saat itu memindahkan masyarakat talang gelung sakti ke sukabumi karena sukabumi berlimpah air dan di buat lah sawah-sawah yang pada zaman itu di pecahkan oleh granit sehingga terbentuk sawah yang sampai sekarang menjadi mata pencaharian di sukabumi selain sawah di sekitar desa sukabumi juga terbentang luas kebun kopi.
Batas wilayah desa:
v  Sebelah Utara berbatasan kebun kopi milik warga
v  Sebelah Selatan berbatasan dengan persawahan milik warga
v  Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Pulau Panggung
v  Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Bantunan
b.        Luas Wilayah
Luas wilayah secarakeseluruhan Desa Sukabumi ini adalah ± 1. 100
Keadaan Jalan
Untuk keadaan jalan di Desa Sukabumi Kecamatan pajar bulan ini sudah dilapisi aspal, sehingga kalau hujan tidak menghabat transportasi.
Mata Pencaharian
              Masyarakat desa Gajah Mati ini hidup dengan menggantungkan diri pada bertani dan sebagian besar masyarakat yang membudidayakan bidang perkebunan seperti Kopi, padi,sahang cokelat, dan lainnya. namun tidak menutup kemungkinan juga banyak masyarkat yang di luar betani yaitu jadi Pegawai Honorer dan Pegawai Negri Sipil.
              Di bidang perternakan sebagian besar mereka juga memelihara ternak  seperti Ikan,Ayam,Kambing dll.
3.      Potensi Sumber Daya Manusia
1.      Kependudukan
Jumlah penduduk Desa Gajah Mati Kecamatan Sungai Keruh secara keseluruhan berjumlah 320 jiwa sedangkan jumlah Kepala Keluarga berjumlah 62 KK. Dengan perincian laki-laki sebanyak 140 jiwa sedangkan perempuan 140 jiwa.
2.      Sarana Prasarana Ekonomi
a.      Sarana / Prasarana Pendidikan
Sarana prasarana pendidikan yang ada di desa sukabumi SD Negri 03 Pajar Bulan dan TK satu atap alhamdulilah untuk sarana gedung sudah ada hanyaa perlengkapan /prasarana pembeljaran.
b.      Sarana / Prasarana Peribadatan
Jumlah penduduk sukabumi jika di bandingkan dengan desa tetangga yaitu pulau panggung dan bantunan relatif lebih kecil dan penduduknya lebih sedikit jumlah seluruhnya hanya 320 jiwa dan 62 KK ,Namun untuk tempat peribadatan desa sukabumi sudah memiliki masjid yang terletak di sebelah selatan desa sukabumi .dan masjid ini menjadi tempat kegiatan keagaamaan yang di laksanakan oleh mahasiswa KKN kelompok 26 angkatan 65 dan seluruh masyarakat di antaranya pengajian bapak-bapak setiap malam jum’at ,pengajian karang taruan setiap malam selasa,rabu dan sabtu serta pengajian anak-anak setiap hari kecuali hari sabtu dan minggu.


c.       Sarana / Prasarana Kesenian, Olahraga dan Kepemudaan
Untuk bidang kesenian masyarakat desa Gajah Mati  ini adalah
Untuk anak-anak belajar menari di sekolah dasar dll.
Sedangkan bidang olahraga dan kepemudaan di Desa Sukabumi adalah volly ball.
d.      Sarana / Prasarana Kesehatan Keluarga
Untuk sarana prasarana dalam bidang kesehatan di Desa Sukabumi ini memiliki 1 unit puskesmas namun puskesmas ini di salah gunakan karena belum ada bidan/perawat tetap di daerah sukabumi sehingga kegiatgan kesehatan misalnya posyandu bukan di laksanakan di puskesmas tetapi di halaman rumah warga.
e.       Sarana / Prasarana Transfortasi, Komunikasi dan Informasi
Sarana tranfortasi darat yang bisa digunakan  oleh warga desa Sukabumi ini yaitu sepeda motor, mobil, dll. Untuk sarana komunikasi dan informasi masyarakat Desa Gajah Mati ini memiliki aliran listrik yang menjadi sarana penerangan dan juga sebagai penunjang alat-alat elektronik guna mendapat informasi seperti televisi, radio, telepon genggam, dll.
3.      Program Pembangunan Desa
a.       Jangka pendek dan menengah
Pembangunan jangka pendek yang perlu dilaksanakan adalah perbaikan kantor desa dan perbaikan tempat mandi warga, Sedangkan pembangunan yang dilaksanakan untuk jangka menengah yaitu mengembangkan Desa Sukabumi ke arah yang lebih maju.
b.      Jangka panjang
Yang diprogramkan oleh pemerintah untuk pembangunan jangka panjang adalah pelebaran jalan dan pengecoran siring-siring di pinggir jalan serta mewujudkan masyarakat desa Sukabumi tersebut lebih bertakwa serta mempunyai kehidupan yang layak, aman dan tentram.



4.      Kondisi Masyarakat
Masyarakat yang ada di Desa Sukabumi mayoritas bekerja sebagai petani, baik itu dengan lahan pertanian sendiri maupun sebagai buruhkelahan orang lain. Banyak hal yang dijumpa ipada masyarakat Desa Sukabumi seperti  pelaksanaanta’ziyah (ketika ada masyarakat yang meninggal dunia) yang di laksanakan setiap malam jum’at sampai 40 malam, dan Begarehan istilah orang desa sukabumi yaitu berkumpulnya muda mudi pada setiap ada acara.

Lampiran II

Program Kerja KKN TematikPosdayaAngkatan ke-65
IAIN Raden Fatah Palembang
Kelompok 26


















Lampiran III

Dokumentasi KKN TematikPosdaya UIN Raden Fatah Palembang Angkatan Ke-65

Tidak ada komentar:

Posting Komentar