LAPORAN INDIVIDU
DiajukanSebagaiLaporanIndividu
UntukMelengkapiTugasAkhir
KKN UIN Raden Fatah
Palembang
Angkatan Ke-65 Tahun 2015
Oleh:
AMIR HAMZAH
NIM : 11270005
DosenPembimbingLapangan
HERWANSYAH,M.Ag
NIP.
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH
PELEMBANG
2015
KATA PENGANTAR
بسم الله الرّحمن الرّحيم
Segala Puji hanya bagi
Allah SWT yang telah memberikan nikmatnya kepada kita sehingga kita bisa
melaksanakan aktivitas sehari-hari. Shalawat dan salam selalu kita sampaikan kepada
qudwah kita Nabi Besar Muhammad SAW.
Seiring dengan telah selesainya pelaksanaan KuliahKerjaNyata(KKN)
Tematik Posdaya UIN Raden Fatah Palembang angkatanke-65 kelompok 26 pada tanggal
10 Februari s/d 26 Maret 2015 maka dengan ini penulis sampaikan laporan pelaksanaan
kegiatan individu selama KKN berlangsung.
Mungkin banyak kekurangan dari laporan ini penulis sampaikan
maka penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya&kedepan dapat menjadi rujukan
atas kegiatan sejenis serta mampu Memenuhi persyaratan nilai akhir KKN, serta kewajiban
penulis selaku mahasiswa yaitu mata kuliah yang dijalani dan merupakan bekal di
masyarakat nantinya.
Penulis ucapkan terimakasih yang
mendalam dan penghargaan yang setinggih-tinggihnya kepada semuapihak yang telah
membantu dalam proses penyusunan laporan ini khususnya penulis sampaikan kepada
yang terhormat :
1. BapakProf.Dr. H. AflatunMuchtar,MA,selaku Rektor UIN Raden Fatah Palembang.
2. Bapak Dr.H. Kasinyo, M.Ag selaku Dekan Fakultas Tarbiyah.
3. Bapak Prof.Ris’an Rusli
M.Ag Selaku ketua LP2M
4. Bapak H.Komarudin,M.Si, selaku Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat Kuliah Kerja Nyata ( LP2M KKN ).
5. Bapak Herwansyah,M.Ag, selakuDosen Pembimbing Lapangan.
6. Bapak Kuswari, selaku Kepala Desa Gajah Mati, Kecamatan Pajar Bulan Kab.Lahat,beserta para jajarannya yang telah memberikan bimbingan dan dukunganya kepada kami.
7. Eka Heriansyah Ketua BPD
beserta staff dan jajaranya
8. Andik ketua karang
taruna beserta perangktnya
9. Rekan-rekan KKN Kelompok 26 yang selalu memberikan dukungan dan kerjasama yang baik.
10. Tokoh agama dan tokoh
masyarakat yang telah membantu dalam menyukseskan pelaksanaan program kerja
kami.
11. Semua lapisan masyarakat Desa Sukabumi yang telah membantu kami dalam menyelenggarakan program kerja kami.
Besar harapan kami semoga laporan yang kami susun ini dapat berguna
khususnya bagi saya selaku peserta KKN di Desa Sukabumi dan umumnya bagi masyarakat Desa Sukabumi Kecamatan
Pajar Bulan Kabupaten Lahat dan juga bagi kampus kami tercinta, UIN Raden Fatah
Palembang.
Palembang,
Maret 2015
Penulis,
AMIR HAMZAH
NIM: 11270005
UPAYA MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR 03 PAJAR BULAN DESA SUKABUMI
Laporan Individu
KKN ke 65 TEMATIK POSDAYA Tahun 2015
UIN Raden Fatah Palembang
Oleh
Nama :AMIR HAMZAH
Nim : 11270005
Kelompok : 26
Desa : SUKABUMI
Kecamatan : Pajar
Bulan
Mengesahkan,
Tanggal, Maret 2014
DPL,
HERWANSYAH,M.Ag
NIP.
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
LatarBelakang
Universitas Islam
Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang sebelumnya
bernama Institut Agama Islam Negri (IAIN), memiliki kedudukan terkhusus dalam masyarakat, dengan salah satu tujuannya adalah menjadikan mahasiswa/i memiliki akhlakul karimah.
Institut ini telah banyak meluluskan kader-kader bangsa yang membanggakan. Di sini mahasiswa/i bukan hanya dituntut untuk dapat memahami ilmu yang diperoleh, tetapi mahasiswa/i juga di peruntukkan untuk dapat mengamalkan ilmu yang telah di dapat selama di bangku kuliah. Dan salah satu cara untuk dapat mengamalkan ilmu tersebut, ialah dengan melalui Mata Kuliah Kuliah Kerja Nyata (Nyata) yang diwajibkan bagi mahasiswa/i Instiut Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Kuliah Kerja Nyata atau disingkat dengan KKN memiliki peran tersendiri dalam pengamalannya. Sebelum mahasiswa/i lulus dari Universitas Islam Negeri Raden
Fatah Palembang, mereka harus sudah memiliki pengalaman terjun ataupun bergabung dengan masyarakat, dari bagaimana mereka menyatukan diri sebagai masyarakat yang beradab, mencontohkan diri sebagai seseorang yang memiliki akhlak yang terpuji, Mengadakan
Kegiatan /Program yang belum adan yang nantinya akan bermanfaat untuk
masyarakat serta ikut dalam kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat dan sebagainya.
Untuk itu semua, mahasiswa/iharus pula memiliki kemampuan (skill) yang
matang baik secara teori maupun prakteknya, agar dalam pengaplikasiannya dapat terealisasikan dengan baik dan sesuai dengan
apa yang di harapkan baik oleh mahasiswa itu sendiri ,pihak kampus dan seluruh
masyarakat. Bergabung menjadi masyarakat dengan berbeda ras,suku dan Bahasa menjadikan sebuah tantangan tersendiri bagi peserta KKN. Jika dilihat dari bidang pendidikan,
pembangunan, keagamaan, kesehatan dan lainnya memiliki structural tersendiri.
Mahasiswa di tengah-tengah masyarakat bisa menjadi agent of change and social control yang
berpotensi dalam pembinaan masyarakat dalam kehidupan yang nyata. Mahasiswa
Fakultas Tarbiyah UIN Raden Fatah Palembang sebagai salah satu pengemban misi
intelektual mempunyai kewajiban dan tanggung jawab mengembangkan komitmen ke Islaman dan Pendidikan . KKN adalah bagian dari
kegiatan pokok manifestasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan sarana
pembinaan bagi mahasiswa dalam mengembangkan teori yang didapat dibangku
perkuliahan kepada prakteknya dilapangan. Adapun realisasi dari KKN adalah
mahasiswa sebagai penyampai dan masyarakat sebagai penerima dalam mensukseskan program kerja terencana
kegiatan KKN.
Pelaksanaan
pembinaan bagi mahasiswa sebagai penyampai disesuaikan pada keilmuan di
Fakultas Tarbiyah secara proporsional. Sesuai dengan keilmuan Fakultas Tarbiyah
dan penelitian yang telah dilakukan, ada hal menarik yang akan saya teliti
berhubungan dengan permasalahan di sekolah tempat kami
mengaplikasikan ilmu pengetahuan hal yang menjadi masalah di sekolah ini adalah Hasil belajar siswa SD
Negri 03 Pajar Bulan Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat, sehingga membuat saya tertarik untuk mengangkat hal
ini, karena pendidikan itu merupakan hal yang penting dalam
kehidupan baik secara individu maupun sosial, disamping itu menuntut ilmu juga
salah satu kewajiban bagi setiap umat muslim dari buaian sampai liang lahat. Semoga penelitian ini akan bermanfaat dengan segala
kelebihan dan kekurangannya.
Penempatan lokasi KKN Untuk angakatan 65 dibagi ke dalam dua wilayah
yaitu wilayah Lahat dan MUBA , kami alhamdulilah mendapat di daerah desa Sukabumi Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat. Untuk mendukung
agar pegetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan Hasil belajar
siswa di sekiolah dasar desa Sukabumi dapat meningkat dengan baik,maka salah satu faktornya ialah perlu adanya pengembangan dengan cara wajib belajar 12 tahun, dan Guru
yang mengajar harus kreatif dengan memiliki beberapa metode dan menganjurkan
anak didiknya mengikuti les/privat pelajaran yang dipelajarinya.
Kemudian jika melihat perkembangan cara wajib
belajar 12 tahun bagi masyarakat desa Sukabumi dapat pula dilihat dari kondisi
desa yang memiliki sekolah, yaitu Sekolah Dasar Negeri 03 Pajar Bulan . Sekolah
ini terletak di sebelah desa pulau panggung . Bentuk dari pembangunan sekolah
tersebut bertujuan bahwa agar masyarakat setempat dapat melaksanakan dan
menikmati proses belajar mengajar daapat tercapai dengan baik. Selain itu,
masyarakat desa sukabumi banyak yang melanjutkan proses belajar nya di luar
daerah .
Semua ini
adalah bentuk dari dukungan orang tua terhadap anak sehingga dapat meningkatkan
mutu pendidikan masyarakat desa Sukabumi kecamatan Pajar Bulan.
B. RumusanMasalah
1. Bagaimana
Hasil Belajar Siswa SD Negri 03 Pajar Bulan sebelum penelitian di lakukan?
2. Bagaiaman
hasil belajar siswa SD Negri 03 Pajar Bulan sesudah penelitian?
3. Apakah ada
perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penelitian?
C.
KegunaanPenelitian
Adapun kegunaan dari penelitian ini, yaitu :
1. Untuk mengetahui
bagaimana hasil belajar siswa di sekolah dasar 03 pajar bulan.
2. Untuk
mengetahui apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah penelitian .
3. Sebagai bahan informasi kepada pihak terkait dan yang berkepentingan dalam pengumpulan data-data.
D.
PelaksanaanPenelitian
Penelitian ini dilakukan selama 45 hari terhitung sejak 10 Februari sampai 25
Maret 2015 di desa Sukabumi kecamatan pajar bulan kabupaten
lahat
BAB II
PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
Adapun hasil penelitian yang di dapat,
yaitu sebagai berikut:
1. Kurangnya
Hasil Belajar Siswa
Kurangnya
hasilnya belajar siswa di sekolah dasar negri 03 pajar bulan sangat
mempengaruhi mutu pendidikan di desa sukabumi dan berdampak pada pola hidup di
masyarakat dan akhlak siswa yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku
Minimnya hasil belajar siswa di sekolah dasar negri desa Sukabumi Kecamatan Pajar Bulan Kabipaten
Lahat, membuat siswa kesulitan dan merasa tidak percaya diri terutama untuk
kelas enam yang akan melaksanakan ujian nasional. Bahkan ketika peneliti
memasuki kelas untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa di sekolah
dasar negri 03 pajar bulan siswa merasa gugup.
Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata saya sebagai mahasiswa
UIN raden fatah mengaplikasikan ilmu-ilmu yang saya dapatkan di bangku kuliah
dan pengalaman mengajar saya di madrasah ibtidaiyah yang sejajar dengan sekolah
dasar disini saya menerapkan beberapa metode contohnya bamboo dancing, tebak
kata , numbered head together dan tukar pasangan alhamdulilah dalam pelaksanaan
semua siswa merasa senang dengan metode yang saya terapkan hal ini dapat
terlihart dari antusias siswa dalam mengikuti pelajaran yang kami sampaikan dan
kami juga memprogramkan belajar tambahan untuk siswa-siswi di posko kami yang
di laksanakan setiap malam senin, rabu dan sabtu dari pukul 19.30 -21.15, dan
alhamdulilah hasil belajar siswa berdasarkan evaluasi yang kami laksananakn
meningkat dan kepercayaan diri siswa meningkat hal itu terlihat ketika mereka
antusias untuk bertanya dan menjawab sewaktu proses pembelajaran.
Pentingnya
hasil belajar siswa untuk memberikan rasa percaya diri kepada siswa dan
mempengaruhinya dalam kehidupan di masyarakat, apalagi siswa-siswi ini masih
sekolah dasar yang perjalanan pendidikannya masih panjang ,yang nantinya akan
bersaing dengan siswa-siswi di luar desa tersebut, di harapkan apabila siswa
mempunyai hasil belajar tinggi di harapkan berpengaruh kepada mental dan
nantinya menjadi generasi penerus bangsa yang di harapkan.
Pembelajaran
yang lebih penting lagi bagi generasi anak-anak warga Desa Sukabumi yaitu, harus didukung SDM (sumber daya manusia) yang
cukup sehingga dapat membuat siswa tertarik dalam melakasanakan proses belajar
dan pembelajaran. Seperti halnya dalam mengajar seorang pendidik perlu memiliki
metode atau strategi sehingga memmbuat siswa tertarik dalam proses belajar dan
pembelajaran. Bahkan bila perlu di adakan workshop mengenai metode dan strategi
pembelajaran. Namun, keadaan ini tidak seperti yang kita haarapkan. Karena
seperti yang peneliti lihat bahwa, guru yang kita kenal sebagai fasilitator di
SDN 03 Pajar Bulan mayoritas guru-guru nya lulusan dari Universitas Terbuka dan
kebanyakan guru –guru di desa sukabumi masih berkebun jadi terkadang kurang nya
profesionalitas seorang guru.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Ilmu pengetahuan sangat penting untuk
semua manusia bahkan agama islam menjelaskan dalam hadits “tuntutlah ilmu dari
buaian sampai liang lahat “ pada hakekatnya harapan seluruh siswa mengharapkan
hasil terbaik yang mereka inginkan, proses lah yang menentukan hasil belajar
mereka.
Ada beberapa faktor yang membuat kurangnya
hasil belajar siswa di sekolah dasar negri 03 pajar bulan
a.
Guru Kurang
memaksimalnya waktu mata pelajaran yang tersedia
b.
Guru kurang kreatif
sehingga siswa merasa bosan dengan apa yang di sampaikan oleh guru
c.
Kurangnya sarana dan
prasarana di sekolah tersebut
d.
Kurangnya bimbingan
dari orang tua karena belum seluruhnya masyarakat memperhatikan anak-anak nya
dalam belajar
e.
Tidak adanya tempat
bimbingan belajar/les
f.
Kurangnya kesadaran
siswa tentang pentingnya belar
B.
Saran
Setelah melakukan penelitian (observasi),
peniliti memiliki beberapa saran, seperti dalam bidang penyampaian materi/ilmu.
Peniliti menyarankan supaya guru di SDN 03 Pajar Bulan dapat menyampaikan
materi dengan menggunakan berbagai metode, sehingga membuat siswa tertarik
dalam mendalami ilmu pengetahuan. Bila perlu dihadirkan guru yang paham/menguasi
ilmu tentang metode dan strategi pembelajaran dan kepala madrasah lebih
memperhatikan kinerja-kinerja guru yang mengajar di sekolah dasar 03 pajar
bulan.
Selain itu, sebagai orang tua yang selama
ini dianggap sebagai motivator utama, seharusnya memberikan dorongan, dukungan,
ataupun motivasi supaya anak rajin daalam belajar dan mengikuti pelajaran
Dan guru harus memberikan belajar tambahan
untuk siswa-siswi agar hasil belajar yang di inginkan sesuai dengan apa yang di
harapkan oleh semua pihak
Lampiran I
PROFIL
DAERAH
B. Gambaran Umum Lokasi Kuliah Kerja Nyata
(KKN) Tematik Posdaya Angkatan ke-65
1.
Deskripsi Desa Gajah Mati
Pada saat ini Kepala
Desa Sukabumi Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten lahat di pimpin oleh bapak
kuswari, bapak Kuswari sebenarnya Sekretaris Desa namun karena belum adanya
kepala desa selanjutnya bapak kuswari di tunjuk (PJS) camat pajar bulan, karena
kepala desa sebelumnya telah habis masa jabatanya dan belum di adakan pemilihan
kepala desa baru
Keadaan geografis
a.
Sejarah dan Letak
Wilayah
Mulanya Desa sukabumi berasal
dari daerah talang gelung sakti namun pada masa penjajahan tidak adanya mata
pencaharian tetap di daerah tersebut karena gersang yang ada hanya hutan
ilalang, belanda pada saat itu memindahkan masyarakat talang gelung sakti ke
sukabumi karena sukabumi berlimpah air dan di buat lah sawah-sawah yang pada
zaman itu di pecahkan oleh granit sehingga terbentuk sawah yang sampai sekarang
menjadi mata pencaharian di sukabumi selain sawah di sekitar desa sukabumi juga
terbentang luas kebun kopi.
Batas wilayah desa:
v Sebelah Utara berbatasan
kebun kopi milik warga
v Sebelah Selatan
berbatasan dengan persawahan milik warga
v Sebelah Barat berbatasan
dengan Desa Pulau Panggung
v Sebelah Timur berbatasan
dengan Desa Bantunan
b.
Luas Wilayah
Luas wilayah secarakeseluruhan Desa Sukabumi ini adalah ± 1. 100
Keadaan Jalan
Untuk keadaan jalan di Desa Sukabumi Kecamatan pajar bulan ini sudah dilapisi aspal, sehingga kalau hujan tidak menghabat
transportasi.
Mata Pencaharian
Masyarakat desa Gajah Mati ini hidup dengan
menggantungkan diri pada bertani dan sebagian besar masyarakat yang membudidayakan bidang perkebunan seperti Kopi, padi,sahang
cokelat, dan lainnya. namun tidak menutup kemungkinan juga banyak masyarkat yang di
luar betani yaitu jadi Pegawai Honorer dan Pegawai Negri Sipil.
Di bidang perternakan
sebagian besar mereka juga memelihara ternak
seperti Ikan,Ayam,Kambing dll.
3.
Potensi Sumber Daya
Manusia
1.
Kependudukan
Jumlah penduduk Desa Gajah Mati Kecamatan Sungai Keruh secara keseluruhan
berjumlah 320 jiwa sedangkan jumlah Kepala Keluarga berjumlah 62 KK. Dengan perincian
laki-laki sebanyak 140 jiwa sedangkan perempuan 140 jiwa.
2.
Sarana Prasarana Ekonomi
a.
Sarana / Prasarana
Pendidikan
Sarana prasarana pendidikan yang ada di desa sukabumi SD Negri
03 Pajar Bulan dan TK satu atap alhamdulilah untuk sarana gedung sudah ada
hanyaa perlengkapan /prasarana pembeljaran.
b.
Sarana / Prasarana
Peribadatan
Jumlah penduduk sukabumi jika di bandingkan dengan desa tetangga yaitu
pulau panggung dan bantunan relatif lebih kecil dan penduduknya lebih sedikit
jumlah seluruhnya hanya 320 jiwa dan 62 KK ,Namun untuk tempat peribadatan desa
sukabumi sudah memiliki masjid yang terletak di sebelah selatan desa sukabumi .dan
masjid ini menjadi tempat kegiatan keagaamaan yang di laksanakan oleh mahasiswa
KKN kelompok 26 angkatan 65 dan seluruh masyarakat di antaranya pengajian
bapak-bapak setiap malam jum’at ,pengajian karang taruan setiap malam
selasa,rabu dan sabtu serta pengajian anak-anak setiap hari kecuali hari sabtu
dan minggu.
c.
Sarana / Prasarana
Kesenian, Olahraga dan Kepemudaan
Untuk bidang kesenian masyarakat desa Gajah Mati ini adalah
Untuk anak-anak belajar menari di sekolah dasar dll.
Sedangkan bidang
olahraga dan kepemudaan di Desa Sukabumi adalah volly ball.
d.
Sarana / Prasarana
Kesehatan Keluarga
Untuk sarana prasarana dalam bidang kesehatan di Desa Sukabumi ini memiliki 1 unit puskesmas namun puskesmas ini di
salah gunakan karena belum ada bidan/perawat tetap di daerah sukabumi sehingga
kegiatgan kesehatan misalnya posyandu bukan di laksanakan di puskesmas tetapi
di halaman rumah warga.
e.
Sarana / Prasarana
Transfortasi, Komunikasi dan Informasi
Sarana tranfortasi darat yang bisa digunakan oleh warga desa Sukabumi ini yaitu sepeda motor, mobil, dll. Untuk sarana komunikasi dan informasi
masyarakat Desa Gajah Mati ini memiliki aliran listrik yang menjadi sarana penerangan dan juga
sebagai penunjang alat-alat elektronik guna mendapat informasi seperti
televisi, radio, telepon genggam, dll.
3.
Program Pembangunan Desa
a.
Jangka pendek dan menengah
Pembangunan jangka pendek yang perlu dilaksanakan adalah perbaikan kantor
desa dan perbaikan tempat mandi warga, Sedangkan pembangunan yang dilaksanakan untuk jangka menengah yaitu
mengembangkan Desa Sukabumi ke arah yang lebih maju.
b.
Jangka panjang
Yang diprogramkan oleh pemerintah untuk pembangunan jangka panjang adalah pelebaran jalan dan
pengecoran siring-siring di pinggir jalan serta mewujudkan
masyarakat desa Sukabumi tersebut lebih bertakwa serta mempunyai kehidupan yang layak, aman dan
tentram.
4. Kondisi Masyarakat
Masyarakat yang ada di Desa Sukabumi mayoritas bekerja sebagai petani,
baik itu dengan lahan pertanian sendiri maupun sebagai buruhkelahan
orang lain. Banyak hal yang
dijumpa ipada masyarakat Desa Sukabumi seperti pelaksanaanta’ziyah (ketika ada masyarakat
yang meninggal dunia) yang di laksanakan setiap malam jum’at sampai 40 malam, dan
Begarehan istilah orang desa sukabumi yaitu berkumpulnya muda mudi pada setiap
ada acara.
Lampiran II
Program
Kerja KKN TematikPosdayaAngkatan ke-65
IAIN
Raden Fatah Palembang
Kelompok 26
Lampiran III
Dokumentasi
KKN TematikPosdaya UIN Raden Fatah Palembang
Angkatan Ke-65
Tidak ada komentar:
Posting Komentar