PERKEMBANGAN AGAMA
ISLAM DIINDONESIA
A. KERAJAAN
SAMUDRA PASAI
Orang-orang islam telah
mendirirkan kampung-kampung di tepi pantai mereka berasal dari pada
saudagar-saudagar arab,parsi,gujurat dan Malabar. Mereka telah kawin dengan
anak negeri dan mereka membeli budak-budak lalu mereka merdekakan. Kehidupan
mereka,makanan mereka yang bersih menyebabkan hidup mereka yang baik.Kabar
berita bahwa masyarakat islam telah ada di pantai sumatera itu rupanya sampai
juga Makkah dan menjadi perhatian besar dari pada Syarif. Sehingga baginda
anjurkan seorang ulama bernama Syeikh Ismail datang kenegeri Samuera
Aceh,karena diantara negeri-negeri tepi
pantai yang begitu banyak,nama Samudera lebih dikenali.
Syekh Ismail berangkat
menuju Samudera dan berlabuhlah kapalnya dimalabar (disebut juga
mu’tabar)sebelum menruskan perjalanan ke Aceh. Disana tuan Seikh berjumpa lagi
dengan seorang bekas raja,yang oleh karena asyiknya memperdalam paham
Tasawuf,ditinggalkanya kerajaanya,lalu dipakainya gelar orang sufi,yaitu
‘fakir’ Muhammad,dan dia adalah keturunan dari pada sayidina Abu Bakar Siddiq
,sahabat nabi.
1. Al-Malikus
Saleh Raja Samudera 1
Dekat sebuah kampung
yang memang bernama samudera,ditepi sebua sungai yang bernama Pase,yang
bermuara keteluk lho’ seumawe dan
diseberang sungai itu dekat dari bekas kerajaan pasai dahulu terdapatlah makam
raja-raja samudera pasai itu. Batunya itu terdiri dari pada pualam putih,diukir
dengan tulisan arab huruf riq’ah yang sangat indah. Yang tertua diantaranya
ialah bertarikh hijrah 692,bersetuju dengan tahun 1297 M.jelasla nama raja yang
pertama itu,yaitu AL-Malikus Saleh.
2. AL-Malikus-Zahir
1 (1297-1326)
Sultan yang ketiga
bergeler Al-Mlikus-zahir juga,Dan bernama raja ahmad banyak sultan-sultan yang
memekai gelar al-makus-zahir,walaupun orangnya terlah berganti-ganti.sangat
besar kemungkinan bahwa sultan inilah yang di temui oleh pengembara ibnu batuta
seketika ia singgah negeri pasai ini
tatkala ia di utus oleh sultan delhi ke tiongkok pada tahun 1345 M ketika akan
pergi kejum’at bagimda Berjalan kaki dan pulangnya barulah naik kendaraan gajah
atau kuda ,bagiunda suka sekali mengembangkan agama ke negeri-negeri yang
berdekatan dan mana-mana negeri yang
belum mau memeluk agama islam,dengan segala kerendahan,sudi membayar upeti
kepada kerajaan bagimda setiap waktunya yang di tentukan.
Kealiman sultan itu dan
kemajuaan mashab syafei’ dalam negerinya rupanya telah rupanya telah menjadi
daya penarik bagi kedatangan ulama-ulama islam terutama yang bermashab syafei’
pula yaitu mesir,makkah,madinah,pantai yaman,hadra maut dan Malabar sehingga
selain menjadi sebuah Bandar yang besar dalam pernigaan pasaipun menjadi pusat
pembelajaran agama islam.
3.Zainal abidin(1350)
Zainal
abidin naik tahta di usia masih kecil,sehingga yang menjalankan pemerintahan
adalah orang-orang besar dalam kerajaan.saat itu terjadi kekosongan karena
hilangnya raja yang bijaksana itu,yang bukan saja memegang kendali
pemerintahan,tetapi juga tempat memintah patwah agama.perkataan bahwa sanya
raja iskandar anak raja pasai dibawah oleh cheng ho dalam perlawatan kepasai
tahun 1412 itu menziarahi tiongkok dan
datang menghadap seri maharaja tiongkok.tetapi,sampai di tiongkok raja iskandar
mati terbunuh.
Semenjak itu hubungan
pasai dan tiongkok merenggang.dalam catatan sejarah disebutkan,bahwa utusan
pasai terakhir datang ketiongkok pada tahun 1413 M.
Kejayaan malaka dimulai pada masa sultan
Muhammad syah (yang kawin dengan seorang putrid pasai)sampai kepada sultan
iskandar syah,sultan ahmad syah,sultan muzzafar syah sultan mansyur syah,
negeri malaka kian lama kian naik dan pan pasai kian lama kian turun.pelabuhan
pasai makin sepi,kapal-kapal lebih banyak berlabu di pelabuhan malaka ,katena
pantainya sudah mulai dangkal.Cuma dalam adat istiadat Melaka selalu melebihkan
pasai dari pada negeri-negeri lain.
Akhirnya pasai berakhir,dan Cuma
berbekas kuburan-kuburan tua dan padang sepi,yang jadi pengingat dan bahan
sejarah bagi pendatang .
B. KERAJAAN
ISLAM MALAKA
Diawal abad ke 14
negeri malaka masi dibawah kekuasaan siam.tetapi ditanah jawa telah muncul
kerajaan hindu majapahit yang akan menjadi lawan yang kuat dari syamdlam
memperebutkan kekuasaan diselat malaka.maka ditahun 1331M pati gaja mada
mendapat kepercayaan dari batara majpahit,lalu dijadikan patih dengan kekuasaan
yang besar,politik yang tegas,dengan memperluas kekuasaanya dan merebut
negeri-negeri yang selama ini dikuasai syam.
1. Raja
melayu hindu singapura pindah kemalaka.
Dengan jatuhnya
kerajaan melayu hindu disingapura karena serangan majapahit,maka raja singapura
itu brangkat meninggalkan negerinya yang
telah runtuh.baginda bernama permaisura dan memakai gelar raja kecil besar
(raja Mahmud syah).
Menurut keterangan
barros (ahli sejarah dari portugis).beliau memeluk agama islam sekitar tahun
1384 M.sejak itula baginda resmi mrngakui dirinya sebagai sultan negeri malaka.
2.
Penghubung dengan tiongkok
Di awal tahun 1403
terjadi pergeseran kekuasaan di tiongkok dalam keluarga dinasti ming maha raja
cheng tsu merebut kuasa dari maha raja hwui ti.sultan Muhammad syah
memperhitungkan bahwasanya raja yang baru naik pasti akan menang jika hubungan
dengan negeri-negeri selatan di perkukuh.baginda merasa mereka saling
membutuhkan.kemudian baginda mengitim utusan ke tiongkok,untuk mengikat tali
persahabatan.usulan itu sangat diterimah dan dihargai oleh raja tiongkok.dan
raja tiongkok pun mengirim utusan datang kemalaka bersamaan dengan pulangnya
utusan dari malaka.mereka membawa berbagai hadiah antara lain kain sutera
bertabur bunga keemasan,tabir yang berhias dengan emas dan lain-lain.
Untuk memperkenalkan
kebesaran tiongkok ke negeri-negeri sebelah selatan,kaisar cheng tsu telah
mengangkat seorang duta besar,dan juga seorang laksamana untuk utusan
persahabatan ke negeri-negeri sebelah selatan orang itu bernama laksamana cheng
ho atau dalam bahasa hokian sham po.cheng ho berlayar kearah selatan engan
membawa 62 kapal yang masing-masing panjangnya 400 kaki dan lebarnya 180
kaki.dengan jumlah keseluruhan tentara yaitu 27.000 tentara.tahun 1405 bdia
meninggalkan tiongkok singga dimalaka menyerahkan cap mohor hadia dari rajanya
kepada raja malaka.
Atas anjuran cheng
ho,sultan Muhammad syah bersama anak istrinya datang ke tiongkok diiringi oleh
450 orang pengiring.diterima dengan gembira dan diberi hadiah 100 tahil emas,4000
ringgit wang kertas 2600 wang perak 200 kayu kain sutera diikat dengan emas.dan
pulangnya raja membawa beberapa ahli pertukangan beragama islam yang telah ikut
mendirikan masjid-masjid di negeri malaka yang sampai sekarang masi bisa kita
temui,terutama masjid tertua dengan arsitektur tiongkok.
Kapal-kapal simpang
siur keluar dan msuk negeri malaka,dari jawa membawa beras,dari Maluku membawa
rempah-rempah dari Sulawesi membawa setanggi makasar yang terkenal,dan
lain-lain.dan pertolongan dari tiongkok,cheng ho dan rombonganya membawa
namanya yang harum ke kekaisar tiongkok.kaisar tiongkok tak merasa
keberatandengan kemajuan agama islam karena baginya yang terpenting adalah
kalancaran perniagaan tiongkok keselatan.
3. Sultan
iskandar syah. (1414-1424)
Setelah sultan Muhammad
syah meninggal,lau naikla putranya yang bernama raja iskandar dengan gelar
sultan iskandar syah.setlah naik tahta raja inipun segera ketiongkok untuk
mengikat persahabatan sekaligus memintah pengakuan dari raja tiongkok.beliau
berangkat bersama kepulangan laksamana cheng ho yang baru pulang dari
perjalanan ke samudra pasai.
4. Sultan
Muzzafar syah (raja besar muda) 1426- 1459
Sultan iskandar syah
meninggalkan 2 orang putra ketika ia meninggal yaitu :raja kasim dan raja
Ibrahim. Tetapi karena bujuka permaisuri raja Ibrahim diangkat menjadi
raja.padahal ia masih berusia setahun lima bulan dan bergelar sultan
syahid,maka untuk pemangku jabatan raja ialah saudar dari ibunya,yaitu raja
rokan.sedangkan kakanya yaitu raja kasim diusir dari istana dan tidak
diperbolehkan mendekat,dia menjadi nelayan ditepi pantai.
Setelah sultan bau
syahid meninggal,naikla raja kasim keatas tahta kerajaan karena kemenangan
melawan musuh-musuhnya.beliau memerintah selama 20 tahun,beliu terkenal dengan
keadilanya,rakyatnya yang makmur,memperkuat aturan yang telah dibuat oleh
kakeknya terutama dengan pembagian tugas dan kewajiban para menteri.tetapi
kebijaksanaan rajanya tidak tidaklah
menyenangkan musuh lama yaitu negeri syam.maka raja siam mengitim surat lewat
utusanya kepada raja malaka yang berisi penghidupan kembali adat istiadat nenek
moyangnya yaitu menyembah kesiam dan membayar bunga emas (40 tahil emas per
tahun). raja malaka membalas surat tersebut yang berisi bahwa sanya malaka
adalah sebuah kerajaan yang berkuasa penuh dan dia tidak dapat memenuhi
permintaan raja siam.
Raja siam murka,
kemudian mengirimkan pasukan untuk menyerbu negeri malaka tetapi mereka
gagal.kemudian mengirim pasukan kembali dibawah pimpinan anaknya tetapi gagal
lagi.setelah memerintah selama 20 tahun lamanya,pada tahun 1444 akhirnya sultan
muzaffar syah meninggal.
5. Sultan
mansyur syah (1459-1477)
Ia adalah putra dari
sultan muzaffar syah.yang pertama ia lakukakan adalah membebaskan negerinya
dari jajahan,dan menghabisi sisa sisa tentara siam yang masi hidup.tetapi wakil
raja siam yaitu dewa sura berhasil
melarikan diri.
Putra-putra Sultan
Mansyur Syah :
a. Sultan
‘Ala’uddin Ri’ayat Syah (1477-1488)
Setelah sultan mansyur
syah wafat,naiklah putranya raja Husain anak sultan dengan seorang wanita
bangsawan,yang merupakan adik dari kepala bendahara raja.dan dapat dimaklumi
bahwa jabatan bendahara dalam kerajaan melayu dan aceh adalah jabatan kedua
setelah sultan dan ada hubungan darah dengan sultan.dia berkuasa penuh memegang
pemerintahan ,perbendaharaan negeri dan hubungan dengan negeri lain.sama dengan
kedudukan patih dijawa pada zaman majapahit.
b. Sultan
Mahmud Syah (1488-1511)
Sultan Mahmud Syah
merupakan nama gelar,sedangkan nama aslinya yaitu raja Mahmud.tetapi karena
usianya masi terlalu mudah sultan Mahmud syah belum mempunyai pengalaman
mengendalikan pemerintahan.sultan Mahmud terkenal dengan perangainya yang buruk
terutama terhadap perempuan.sehingga istri orang-orang besarpun tak lepas dari
gangguanya. Meskipun demikian nama kerajaan masi tetap harum,pelabuhan malaka
masi tetap ramai.karena bendahara malaka
yang terkenal ,bendahara seri maha raja.
C. KERAJAAN-KERAJAAN
ISLAM DIJAWA
1. Giri.
Sebelum demak
berdiri,,raden pakusebagai sunan giri yang pertama telah membuat wilayah giri
sebagai suatu kerajaan agama.suna gir sekuat tenaga berusa membuat giri menjadi
pusat keagamaan yang besar dan ratu majapahit pun tak sanggup untuk
menghapuskan kuasa agama itu.giri merupakam pusat perdagangan orang jawa yang
kebanyakan dari mereka beragama islam.Sebelum demak berdiri daerah-daerah
seperti,gresik,tuban dan jaratan suda berdiri menjadi negeri-negri islam yang
bupati (adipatimya) juga beragama islam.
2. Demak
Raden
fatah (pangeran jinbun)
Sunan
ngampel dan kedua putranya yaitu sunan kudus dan sunan giri telah memutuskan
bahwa demak akan dijadikan pusat kegiatan
islam.raden fatah dipilih untuk memimpin negeri itu,sebab daerahnya
terletak ditengah-tengah.jadi,lebih mudah untuk menjalin hubungan kebarat dan
timur.pageran jinbun diberi gelar “Al-Fattah” (pembuka gerbang kemenangan).
Setela
beliau pindah ke bintoro (demak),perkembangan islam disana semakin maju.para
wali pun melaksanakan niat mereka untuk mendirikan masjid yang besar,sebagai
pusat dari masjid-masjid yang ada dikudus,ngampel,giri dan lain-lain.syeikh
Arsyad banjar,mufti kerajaan banjar masin yang namanya terkenal sabagai
penyelidik pembuatan masjid datang kejawa
ntuk menyelidiki masjid tersebut dan beliau berkata bahwa masjid yang
mihrabnya benar-benar menghadap kiblat adalah masjid demak.
Diutusnya
raden Husain kebintoro mendapat sambutan baik,katena beliau adalah suadara
sepersusuan raden fatah.beliau merayu raden fatah agar mau datang kemajapahit
bersamanya untuk diperkenalkan kepada raja.stelah raden fatah kembali
kemajapahit,bintoro diperkukuh dengan didirikanya masjid besar,dengan tiang
berjumlah Sembilan buahyang melambangkan Sembilan sebagai pelopor islam ditanah
jawa.
Pangeran sebrang lor (sultan demak II)
1518-1521
Ia
bernama adipati Muhammad yunus yang dalam catatan portugis disebut patuh
unus.ketika ayahnya masi memerintah beliau telah diangkat menjadi
pati,merangkap putra mahkota.pada akhir tahun 1512 pati unus menyiapkan 90 buah
jong dengan 20.000 tentara islam dari jawa,menuju malaka untuk membebaskan
malaka dari musuhnya .pada bulan januari 1513 terjadilah pertempuran yang hebat
antara demak dan portugis tapi pada akhirnya portugis berhasil menaklukkan
pasukan demak.
Sultan
trenggono (Sultan demak III) 1521-1546
baru
saja sultan trenggono naik tahta,maka pada tahun itu juga datangla ke damak
seorang alim yang berusia 20 tahun.pemuda ini baru pulang dari belajar di tanah
suci ia berasal dari pasai.ditengah perjalanan pulang ia mendengar kabar bahwa
pasai telah dikuasai oleh portugis ia tahu bahwa demakla satu-satunya kerajaan islam
yang belum dikuasai oleh portugis dan ia pun melanjutkan belajarnya di
demak.sultan trenggono sangat tertarik kepada pemuda yang juga keturunan
bangsawan itu. Orang itu adalah As-sayid Asy-syarif hidayatullah’keturunan ali
dan Fatimah cucu rasulullah yang lahir serta di besarkan di pasai aceh
Darussalam.
Kemelut
Politik Di Demak
Meninggalnya sultan
trenggono di medan perang menyebabkan dendam perebutan kekuasaan yang selama
ini terpendam.pangeran sultan sedo lepen, kakak dari sultan trenggono yang dibunuh
oleh sunan prawoto yang merupakan putra sulung dari sultan trenggono sendiri
telah menimbulkan dendam bagi keturunan pengeran sekar sedo lepen.arya
panangsang putra dari pangeran sekar sedo lepen merasa ia lebih berhak
menduduki tahta .maka ia membunuh sunan prawotodengan tujuan balas dendam dan
juga mengurangi saingan untuk naik tahta.kemudia iajuga bermaksud membunuh
adiwijoyo (joko tingkir) adi patih pajang sekaligus menantu sultan trenggono.
Terjadila
suatu perebutan kekuasaan, arya penangsang berhasil naik tahta.tetapi masi ada
lagi yang menginginkan kekuasaan tersebut yaitu adiwijoyo (joko
tingkir).terjadila pertempuran antara keduanya dan akhirnya adiwijoyo
memenangkan peperangan tersebut. Setelah adiwijoyo naik tahta kekuasaaan
berpindah dari istana demak ke istana pajang. Ia juga mengangkat arya pengiri
bin sunan prawoto bin sultan trenggono menjadi bupati demak, dan
menikahkannya dengan putrinyah.arya
pangiri tidak dapat bertindak lain,melainkan menerima keputusan tersebut.sebab
memang kekuasaan telah direbut engan kekerasan oleh adiwijoyo.
Dengan demikian hapusla
kerajaan demak daan diatasnya berdirila kerajaan pajang.atau lebih tepat
disambungla kerajaan demak oleh pajang.
3. pajang
adiwijoyo
pada masa pemerintahan adiwijoyo
pusat pemerintahan berpindah dari pinggir lautan yang bersifat maritime
kepedalaman yang bersifat pertanian (agraria).dinegerinya yang berdasarkan
pertanian perubahan berjalan lambat dan
orang lebih mengingat masa lalu dari pada masa depan .adat istiadat lama,
kepercayaan hindu-budha yang telah lama tidak bisa dengan muda digantikan oleh
kepercayaan sebagai pokok ajaran agama islam.
4. Mataram
Pusat kebupatian
mataram ialah kota gede,dekat jogja sekarang.hubungan ki gede secara pribadi
sangat dekat dengan adiwijoyo,sehingga putera ki gede yang bernama raden bagus
disebut juga pengeran ngabehi lor ing pasar diangkat aleh adiwijoyo menjadi
anak angkat kesayangan.
Pada tahun 1575 wafatla ki gede
pamanahan.segala jabatannya diserahkan kepada raden bagus,menjadi bupati untuk
mataram dan menjadi kepala prajurit pengawal pribadi baginda.akhirnya dinaikkan
menjadi panglima perang selurunya diberi gelar senopati.jabatan yang diberikan
kepadanya itu telah digunakan dengan sebaik-baiknya.dia bercita-cita ingin
menaklukkan seluruh jawa.adiwijoyo kemudian mengetahui bahwa senopati mempunyai
niat lain.kemudian adiwijoyo menangkap ipar senopati untuk dibuang di
semarang.tapi senopati telah datang dengan tentara yang kuat pergi membebaskan iparnya dari
tahanan.
Adiwijoyopun
murka lalu mengirim tentara untuk
menundukkannya tapi sia-sia sebab nartentara mataram lebih kuat. Tentara pajang
terus terdesak akhirnya adiwijoyo sendiri yang pergi kemedan perang untuk
menundukkan anak angkatnya itu.sayang dalam perang tersebut adiwijoyo tewas (1582).Arya
pangiri pun menjadi sultan . dan demak kembali menjadi pusat islam.
5. Bantam
dan Cirebon
Fatahilah
(meninggal tahun 1570)
Sebagaiman
telah dibahas sebelumnya,seorang pemuda anak pasai dari mekah telah ke demak
dan berhidmat kepada sultan trenggono,dan inikahkan dengan saudara perempuan
sultan dan diangkat menjadi kepala perang untuk menaklukkan bantam, atau jawa
barat.pemuda itu adalah syarif hidayatullah atau maulana nuruddin Ibrahim.dan
keputusan itu tepat.
Kerajaan hindu
pajajaran adalah kerajaan hindu yang tua dijawa barat. Ibu kotanya pakuan. Dan
dia mempunyai Bandar-bandar perniagaan yang besar dan penting.iaitu bantam
(banten ,sunda kelapa,pontang,cikandi,tangerang dan cimanuk.
Hasanudin Sultan banten I (1552 -1570 )
Masa
pemerintahanya yaitu selama 18 tahun.pelabuhan banten menjadi ramai didatangi
saudagar-saudagar dari luar negeri.perahu-perahu besar datang dari tiongkok
membawa uang,porselen,sutera,beledu,benang emas,jarum sisir,dan
lain-lain.setelah 18 tahundan kuburan memerintah,maka meninggalla baginda.tahun
meninggalnya bersamaan dengan tahun meninggal ayahnya fatahilah,tidak beberapa
bulan selisinya, yaitu tahun 1570. Kedukaan yang dua kali menimpa rakyat jawa
barat dalam satu tahun itu.menyebabkan setelah mangkat sultan hasanudin diberi
gelar mahrum sabakingking. Dan kuburan baginda dinamai sabakingking artinya
tempat dukacita.
Pangeran yosuf sultan banten II (1570-
1580 )
Setahun
sebelum baginda mangkat, baginda sendirila yang memimpin peperangan menaklukkan
sisa terakhir dari kerajaan pajajaran.seketika tentara maulana sultana yusof
masuk kedalam ibu kota pakuan.prabu sedah,raja pajajaran terakhirpun telah
bertahan dengan tangguhnya.dan didalam peperangan berkecamuk itulah prabu
sedah,raja hindu budha yang terakhir itu tewas.
Maulana Muhammad sultan banten III
(1580-1596)
Setelah
naik tahta kerajaan,pangeran Muhammad disebut juga dengan maulana
muhammadmemakai gelar resmi kanjeng ratu banten.karena dia mesi
kecil,mangkubumi menjadi wali,dibantu oleh kadi besar.perniagaan diluar negeri
tambah maju.segala bangsa telah datang berniaga kebanten.rupanya orang-orang
besar banten merasa belumla berarti benar kemajuan banten,kalau pelabuhan
sangai musi banyak menghasilkan kekayaan bumi,seumpama gading gaja,rempah,lada
dan lain-lain itu belum ditaklukkan oleh banten.padahal lampong dan selebar
dipesisir barat sudah dibawah kuasa Palembang.maka sungai musi amat penting
bbuat lalu lintas pelayaran diselat malaka pula.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar