Sabtu, 02 Mei 2015

PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA

PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM DIINDONESIA

A.    KERAJAAN SAMUDRA  PASAI
Orang-orang islam telah mendirirkan kampung-kampung di tepi pantai mereka berasal dari pada saudagar-saudagar arab,parsi,gujurat dan Malabar. Mereka telah kawin dengan anak negeri dan mereka membeli budak-budak lalu mereka merdekakan. Kehidupan mereka,makanan mereka yang bersih menyebabkan hidup mereka yang baik.Kabar berita bahwa masyarakat islam telah ada di pantai sumatera itu rupanya sampai juga Makkah dan menjadi perhatian besar dari pada Syarif. Sehingga baginda anjurkan seorang ulama bernama Syeikh Ismail datang kenegeri Samuera Aceh,karena diantara negeri-negeri  tepi pantai yang begitu banyak,nama Samudera lebih dikenali.
Syekh Ismail berangkat menuju Samudera dan berlabuhlah kapalnya dimalabar (disebut juga mu’tabar)sebelum menruskan perjalanan ke Aceh. Disana tuan Seikh berjumpa lagi dengan seorang bekas raja,yang oleh karena asyiknya memperdalam paham Tasawuf,ditinggalkanya kerajaanya,lalu dipakainya gelar orang sufi,yaitu ‘fakir’ Muhammad,dan dia adalah keturunan dari pada sayidina Abu Bakar Siddiq ,sahabat nabi.
1.      Al-Malikus Saleh Raja Samudera 1
Dekat sebuah kampung yang memang bernama samudera,ditepi sebua sungai yang bernama Pase,yang bermuara keteluk lho’ seumawe  dan diseberang sungai itu dekat dari bekas kerajaan pasai dahulu terdapatlah makam raja-raja samudera pasai itu. Batunya itu terdiri dari pada pualam putih,diukir dengan tulisan arab huruf riq’ah yang sangat indah. Yang tertua diantaranya ialah bertarikh hijrah 692,bersetuju dengan tahun 1297 M.jelasla nama raja yang pertama itu,yaitu AL-Malikus Saleh.

2.      AL-Malikus-Zahir 1 (1297-1326)
Sultan yang ketiga bergeler Al-Mlikus-zahir juga,Dan bernama raja ahmad banyak sultan-sultan yang memekai gelar al-makus-zahir,walaupun orangnya terlah berganti-ganti.sangat besar kemungkinan bahwa sultan inilah yang di temui oleh pengembara ibnu batuta seketika ia singgah  negeri pasai ini tatkala ia di utus oleh sultan delhi ke tiongkok pada tahun 1345 M ketika akan pergi kejum’at bagimda Berjalan kaki dan pulangnya barulah naik kendaraan gajah atau kuda ,bagiunda suka sekali mengembangkan agama ke negeri-negeri yang berdekatan dan mana-mana  negeri yang belum mau memeluk agama islam,dengan segala kerendahan,sudi membayar upeti kepada kerajaan bagimda setiap waktunya yang di tentukan.
Kealiman sultan itu dan kemajuaan mashab syafei’ dalam negerinya rupanya telah rupanya telah menjadi daya penarik bagi kedatangan ulama-ulama islam terutama yang bermashab syafei’ pula yaitu mesir,makkah,madinah,pantai yaman,hadra maut dan Malabar sehingga selain menjadi sebuah Bandar yang besar dalam pernigaan pasaipun menjadi pusat pembelajaran agama islam.

3.Zainal abidin(1350)
            Zainal abidin naik tahta di usia masih kecil,sehingga yang menjalankan pemerintahan adalah orang-orang besar dalam kerajaan.saat itu terjadi kekosongan karena hilangnya raja yang bijaksana itu,yang bukan saja memegang kendali pemerintahan,tetapi juga tempat memintah patwah agama.perkataan bahwa sanya raja iskandar anak raja pasai dibawah oleh cheng ho dalam perlawatan kepasai tahun 1412  itu menziarahi tiongkok dan datang menghadap seri maharaja tiongkok.tetapi,sampai di tiongkok raja iskandar mati terbunuh.
Semenjak itu hubungan pasai dan tiongkok merenggang.dalam catatan sejarah disebutkan,bahwa utusan pasai terakhir datang ketiongkok pada tahun 1413 M.
Kejayaan malaka dimulai pada masa sultan Muhammad syah (yang kawin dengan seorang putrid pasai)sampai kepada sultan iskandar syah,sultan ahmad syah,sultan muzzafar syah sultan mansyur syah, negeri malaka kian lama kian naik dan pan pasai kian lama kian turun.pelabuhan pasai makin sepi,kapal-kapal lebih banyak berlabu di pelabuhan malaka ,katena pantainya sudah mulai dangkal.Cuma dalam adat istiadat Melaka selalu melebihkan pasai dari pada negeri-negeri lain.
Akhirnya pasai berakhir,dan Cuma berbekas kuburan-kuburan tua dan padang sepi,yang jadi pengingat dan bahan sejarah bagi pendatang .


B.     KERAJAAN ISLAM MALAKA
Diawal abad ke 14 negeri malaka masi dibawah kekuasaan siam.tetapi ditanah jawa telah muncul kerajaan hindu majapahit yang akan menjadi lawan yang kuat dari syamdlam memperebutkan kekuasaan diselat malaka.maka ditahun 1331M pati gaja mada mendapat kepercayaan dari batara majpahit,lalu dijadikan patih dengan kekuasaan yang besar,politik yang tegas,dengan memperluas kekuasaanya dan merebut negeri-negeri yang selama ini dikuasai syam.
1.      Raja melayu hindu singapura pindah kemalaka.
Dengan jatuhnya kerajaan melayu hindu disingapura karena serangan majapahit,maka raja singapura itu brangkat meninggalkan  negerinya yang telah runtuh.baginda bernama permaisura dan memakai gelar raja kecil besar (raja Mahmud syah).
Menurut keterangan barros (ahli sejarah dari portugis).beliau memeluk agama islam sekitar tahun 1384 M.sejak itula baginda resmi mrngakui dirinya sebagai sultan negeri malaka.
2.        Penghubung dengan tiongkok
Di awal tahun 1403 terjadi pergeseran kekuasaan di tiongkok dalam keluarga dinasti ming maha raja cheng tsu merebut kuasa dari maha raja hwui ti.sultan Muhammad syah memperhitungkan bahwasanya raja yang baru naik pasti akan menang jika hubungan dengan negeri-negeri selatan di perkukuh.baginda merasa mereka saling membutuhkan.kemudian baginda mengitim utusan ke tiongkok,untuk mengikat tali persahabatan.usulan itu sangat diterimah dan dihargai oleh raja tiongkok.dan raja tiongkok pun mengirim utusan datang kemalaka bersamaan dengan pulangnya utusan dari malaka.mereka membawa berbagai hadiah antara lain kain sutera bertabur bunga keemasan,tabir yang berhias dengan emas dan lain-lain.
Untuk memperkenalkan kebesaran tiongkok ke negeri-negeri sebelah selatan,kaisar cheng tsu telah mengangkat seorang duta besar,dan juga seorang laksamana untuk utusan persahabatan ke negeri-negeri sebelah selatan orang itu bernama laksamana cheng ho atau dalam bahasa hokian sham po.cheng ho berlayar kearah selatan engan membawa 62 kapal yang masing-masing panjangnya 400 kaki dan lebarnya 180 kaki.dengan jumlah keseluruhan tentara yaitu 27.000 tentara.tahun 1405 bdia meninggalkan tiongkok singga dimalaka menyerahkan cap mohor hadia dari rajanya kepada raja malaka.
Atas anjuran cheng ho,sultan Muhammad syah bersama anak istrinya datang ke tiongkok diiringi oleh 450 orang pengiring.diterima dengan gembira dan diberi hadiah 100 tahil emas,4000 ringgit wang kertas 2600 wang perak 200 kayu kain sutera diikat dengan emas.dan pulangnya raja membawa beberapa ahli pertukangan beragama islam yang telah ikut mendirikan masjid-masjid di negeri malaka yang sampai sekarang masi bisa kita temui,terutama masjid tertua dengan arsitektur tiongkok.
Kapal-kapal simpang siur keluar dan msuk negeri malaka,dari jawa membawa beras,dari Maluku membawa rempah-rempah dari Sulawesi membawa setanggi makasar yang terkenal,dan lain-lain.dan pertolongan dari tiongkok,cheng ho dan rombonganya membawa namanya yang harum ke kekaisar tiongkok.kaisar tiongkok tak merasa keberatandengan kemajuan agama islam karena baginya yang terpenting adalah kalancaran perniagaan tiongkok keselatan.
3.      Sultan iskandar syah. (1414-1424)
Setelah sultan Muhammad syah meninggal,lau naikla putranya yang bernama raja iskandar dengan gelar sultan iskandar syah.setlah naik tahta raja inipun segera ketiongkok untuk mengikat persahabatan sekaligus memintah pengakuan dari raja tiongkok.beliau berangkat bersama kepulangan laksamana cheng ho yang baru pulang dari perjalanan ke samudra pasai.
4.      Sultan Muzzafar syah (raja besar muda) 1426- 1459
Sultan iskandar syah meninggalkan 2 orang putra ketika ia meninggal yaitu :raja kasim dan raja Ibrahim. Tetapi karena bujuka permaisuri raja Ibrahim diangkat menjadi raja.padahal ia masih berusia setahun lima bulan dan bergelar sultan syahid,maka untuk pemangku jabatan raja ialah saudar dari ibunya,yaitu raja rokan.sedangkan kakanya yaitu raja kasim diusir dari istana dan tidak diperbolehkan mendekat,dia menjadi nelayan ditepi pantai.
Setelah sultan bau syahid meninggal,naikla raja kasim keatas tahta kerajaan karena kemenangan melawan musuh-musuhnya.beliau memerintah selama 20 tahun,beliu terkenal dengan keadilanya,rakyatnya yang makmur,memperkuat aturan yang telah dibuat oleh kakeknya terutama dengan pembagian tugas dan kewajiban para menteri.tetapi kebijaksanaan rajanya tidak  tidaklah menyenangkan musuh lama yaitu negeri syam.maka raja siam mengitim surat lewat utusanya kepada raja malaka yang berisi penghidupan kembali adat istiadat nenek moyangnya yaitu menyembah kesiam dan membayar bunga emas (40 tahil emas per tahun). raja malaka membalas surat tersebut yang berisi bahwa sanya malaka adalah sebuah kerajaan yang berkuasa penuh dan dia tidak dapat memenuhi permintaan raja siam.
Raja siam murka, kemudian mengirimkan pasukan untuk menyerbu negeri malaka tetapi mereka gagal.kemudian mengirim pasukan kembali dibawah pimpinan anaknya tetapi gagal lagi.setelah memerintah selama 20 tahun lamanya,pada tahun 1444 akhirnya sultan muzaffar syah meninggal.
5.      Sultan mansyur syah (1459-1477)
Ia adalah putra dari sultan muzaffar syah.yang pertama ia lakukakan adalah membebaskan negerinya dari jajahan,dan menghabisi sisa sisa tentara siam yang masi hidup.tetapi wakil raja siam  yaitu dewa sura berhasil melarikan diri.
Putra-putra Sultan Mansyur Syah :
a.       Sultan ‘Ala’uddin Ri’ayat Syah (1477-1488)
Setelah sultan mansyur syah wafat,naiklah putranya raja Husain anak sultan dengan seorang wanita bangsawan,yang merupakan adik dari kepala bendahara raja.dan dapat dimaklumi bahwa jabatan bendahara dalam kerajaan melayu dan aceh adalah jabatan kedua setelah sultan dan ada hubungan darah dengan sultan.dia berkuasa penuh memegang pemerintahan ,perbendaharaan negeri dan hubungan dengan negeri lain.sama dengan kedudukan patih dijawa pada zaman majapahit.
b.      Sultan Mahmud Syah (1488-1511)
Sultan Mahmud Syah merupakan nama gelar,sedangkan nama aslinya yaitu raja Mahmud.tetapi karena usianya masi terlalu mudah sultan Mahmud syah belum mempunyai pengalaman mengendalikan pemerintahan.sultan Mahmud terkenal dengan perangainya yang buruk terutama terhadap perempuan.sehingga istri orang-orang besarpun tak lepas dari gangguanya. Meskipun demikian nama kerajaan masi tetap harum,pelabuhan malaka masi tetap ramai.karena  bendahara malaka yang terkenal ,bendahara seri maha raja.


C.    KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DIJAWA
1.      Giri.
Sebelum demak berdiri,,raden pakusebagai sunan giri yang pertama telah membuat wilayah giri sebagai suatu kerajaan agama.suna gir sekuat tenaga berusa membuat giri menjadi pusat keagamaan yang besar dan ratu majapahit pun tak sanggup untuk menghapuskan kuasa agama itu.giri merupakam pusat perdagangan orang jawa yang kebanyakan dari mereka beragama islam.Sebelum demak berdiri daerah-daerah seperti,gresik,tuban dan jaratan suda berdiri menjadi negeri-negri islam yang bupati (adipatimya) juga beragama islam.
2.      Demak
Raden fatah (pangeran jinbun)
            Sunan ngampel dan kedua putranya yaitu sunan kudus dan sunan giri telah memutuskan bahwa demak akan dijadikan pusat kegiatan  islam.raden fatah dipilih untuk memimpin negeri itu,sebab daerahnya terletak ditengah-tengah.jadi,lebih mudah untuk menjalin hubungan kebarat dan timur.pageran jinbun diberi gelar “Al-Fattah” (pembuka gerbang kemenangan).
            Setela beliau pindah ke bintoro (demak),perkembangan islam disana semakin maju.para wali pun melaksanakan niat mereka untuk mendirikan masjid yang besar,sebagai pusat dari masjid-masjid yang ada dikudus,ngampel,giri dan lain-lain.syeikh Arsyad banjar,mufti kerajaan banjar masin yang namanya terkenal sabagai penyelidik pembuatan masjid datang kejawa   ntuk menyelidiki masjid tersebut dan beliau berkata bahwa masjid yang mihrabnya benar-benar menghadap kiblat adalah masjid demak.
            Diutusnya raden Husain kebintoro mendapat sambutan baik,katena beliau adalah suadara sepersusuan raden fatah.beliau merayu raden fatah agar mau datang kemajapahit bersamanya untuk diperkenalkan kepada raja.stelah raden fatah kembali kemajapahit,bintoro diperkukuh dengan didirikanya masjid besar,dengan tiang berjumlah Sembilan buahyang melambangkan Sembilan sebagai pelopor islam ditanah jawa.
             Pangeran sebrang lor (sultan demak II) 1518-1521
            Ia bernama adipati Muhammad yunus yang dalam catatan portugis disebut patuh unus.ketika ayahnya masi memerintah beliau telah diangkat menjadi pati,merangkap putra mahkota.pada akhir tahun 1512 pati unus menyiapkan 90 buah jong dengan 20.000 tentara islam dari jawa,menuju malaka untuk membebaskan malaka dari musuhnya .pada bulan januari 1513 terjadilah pertempuran yang hebat antara demak dan portugis tapi pada akhirnya portugis berhasil menaklukkan pasukan demak.
            Sultan trenggono (Sultan demak III) 1521-1546
            baru saja sultan trenggono naik tahta,maka pada tahun itu juga datangla ke damak seorang alim yang berusia 20 tahun.pemuda ini baru pulang dari belajar di tanah suci ia berasal dari pasai.ditengah perjalanan pulang ia mendengar kabar bahwa pasai telah dikuasai oleh portugis ia tahu bahwa demakla satu-satunya kerajaan islam yang belum dikuasai oleh portugis dan ia pun melanjutkan belajarnya di demak.sultan trenggono sangat tertarik kepada pemuda yang juga keturunan bangsawan itu. Orang itu adalah As-sayid Asy-syarif hidayatullah’keturunan ali dan Fatimah cucu rasulullah yang lahir serta di besarkan di pasai aceh Darussalam.
            Kemelut Politik Di Demak
Meninggalnya sultan trenggono di medan perang menyebabkan dendam perebutan kekuasaan yang selama ini terpendam.pangeran sultan sedo lepen, kakak dari sultan trenggono yang dibunuh oleh sunan prawoto yang merupakan putra sulung dari sultan trenggono sendiri telah menimbulkan dendam bagi keturunan pengeran sekar sedo lepen.arya panangsang putra dari pangeran sekar sedo lepen merasa ia lebih berhak menduduki tahta .maka ia membunuh sunan prawotodengan tujuan balas dendam dan juga mengurangi saingan untuk naik tahta.kemudia iajuga bermaksud membunuh adiwijoyo (joko tingkir) adi patih pajang sekaligus menantu sultan trenggono.
            Terjadila suatu perebutan kekuasaan, arya penangsang berhasil naik tahta.tetapi masi ada lagi yang menginginkan kekuasaan tersebut yaitu adiwijoyo (joko tingkir).terjadila pertempuran antara keduanya dan akhirnya adiwijoyo memenangkan peperangan tersebut. Setelah adiwijoyo naik tahta kekuasaaan berpindah dari istana demak ke istana pajang. Ia juga mengangkat arya pengiri bin sunan prawoto bin sultan trenggono menjadi bupati demak, dan menikahkannya  dengan putrinyah.arya pangiri tidak dapat bertindak lain,melainkan menerima keputusan tersebut.sebab memang kekuasaan telah direbut engan kekerasan oleh adiwijoyo.
Dengan demikian hapusla kerajaan demak daan diatasnya berdirila kerajaan pajang.atau lebih tepat disambungla kerajaan demak oleh pajang.
3.      pajang 
adiwijoyo
           pada masa pemerintahan adiwijoyo pusat pemerintahan berpindah dari pinggir lautan yang bersifat maritime kepedalaman yang bersifat pertanian (agraria).dinegerinya yang berdasarkan pertanian perubahan berjalan lambat  dan orang lebih mengingat masa lalu dari pada masa depan .adat istiadat lama, kepercayaan hindu-budha yang telah lama tidak bisa dengan muda digantikan oleh kepercayaan sebagai pokok ajaran agama islam.
4.      Mataram
           Pusat kebupatian mataram ialah kota gede,dekat jogja sekarang.hubungan ki gede secara pribadi sangat dekat dengan adiwijoyo,sehingga putera ki gede yang bernama raden bagus disebut juga pengeran ngabehi lor ing pasar diangkat aleh adiwijoyo menjadi anak angkat kesayangan.
           Pada tahun 1575 wafatla ki gede pamanahan.segala jabatannya diserahkan kepada raden bagus,menjadi bupati untuk mataram dan menjadi kepala prajurit pengawal pribadi baginda.akhirnya dinaikkan menjadi panglima perang selurunya diberi gelar senopati.jabatan yang diberikan kepadanya itu telah digunakan dengan sebaik-baiknya.dia bercita-cita ingin menaklukkan seluruh jawa.adiwijoyo kemudian mengetahui bahwa senopati mempunyai niat lain.kemudian adiwijoyo menangkap ipar senopati untuk dibuang di semarang.tapi senopati telah datang dengan tentara  yang kuat pergi membebaskan iparnya dari tahanan.
Adiwijoyopun  murka lalu mengirim  tentara untuk menundukkannya tapi sia-sia sebab nartentara mataram lebih kuat. Tentara pajang terus terdesak akhirnya adiwijoyo sendiri yang pergi kemedan perang untuk menundukkan anak angkatnya itu.sayang dalam perang tersebut adiwijoyo tewas (1582).Arya pangiri pun menjadi sultan . dan demak kembali menjadi pusat islam.
5.      Bantam dan Cirebon
Fatahilah (meninggal tahun 1570)
            Sebagaiman telah dibahas sebelumnya,seorang pemuda anak pasai dari mekah telah ke demak dan berhidmat kepada sultan trenggono,dan inikahkan dengan saudara perempuan sultan dan diangkat menjadi kepala perang untuk menaklukkan bantam, atau jawa barat.pemuda itu adalah syarif hidayatullah atau maulana nuruddin Ibrahim.dan keputusan itu tepat.
Kerajaan hindu pajajaran adalah kerajaan hindu yang tua dijawa barat. Ibu kotanya pakuan. Dan dia mempunyai Bandar-bandar perniagaan yang besar dan penting.iaitu bantam (banten ,sunda kelapa,pontang,cikandi,tangerang dan cimanuk.

Hasanudin Sultan banten I (1552 -1570 )
            Masa pemerintahanya yaitu selama 18 tahun.pelabuhan banten menjadi ramai didatangi saudagar-saudagar dari luar negeri.perahu-perahu besar datang dari tiongkok membawa uang,porselen,sutera,beledu,benang emas,jarum sisir,dan lain-lain.setelah 18 tahundan kuburan memerintah,maka meninggalla baginda.tahun meninggalnya bersamaan dengan tahun meninggal ayahnya fatahilah,tidak beberapa bulan selisinya, yaitu tahun 1570. Kedukaan yang dua kali menimpa rakyat jawa barat dalam satu tahun itu.menyebabkan setelah mangkat sultan hasanudin diberi gelar mahrum sabakingking. Dan kuburan baginda dinamai sabakingking artinya tempat dukacita.
Pangeran yosuf sultan banten II (1570- 1580 )
            Setahun sebelum baginda mangkat, baginda sendirila yang memimpin peperangan menaklukkan sisa terakhir dari kerajaan pajajaran.seketika tentara maulana sultana yusof masuk kedalam ibu kota pakuan.prabu sedah,raja pajajaran terakhirpun telah bertahan dengan tangguhnya.dan didalam peperangan berkecamuk itulah prabu sedah,raja hindu budha yang terakhir itu tewas.
Maulana Muhammad sultan banten III (1580-1596)

            Setelah naik tahta kerajaan,pangeran Muhammad disebut juga dengan maulana muhammadmemakai gelar resmi kanjeng ratu banten.karena dia mesi kecil,mangkubumi menjadi wali,dibantu oleh kadi besar.perniagaan diluar negeri tambah maju.segala bangsa telah datang berniaga kebanten.rupanya orang-orang besar banten merasa belumla berarti benar kemajuan banten,kalau pelabuhan sangai musi banyak menghasilkan kekayaan bumi,seumpama gading gaja,rempah,lada dan lain-lain itu belum ditaklukkan oleh banten.padahal lampong dan selebar dipesisir barat sudah dibawah kuasa Palembang.maka sungai musi amat penting bbuat lalu lintas pelayaran diselat malaka pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar