PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA
Menurut buku karangan " hamka "
BAB
I
PENDAHULUAN
Islam
yang diwahyukan kepada nabi Muhammad SAW. telah membawa bangsa arab yang semula
terbelakang, bodoh, tidak ungkapan tentang semangat mendalam suatu masyarakat.
Dalam pengertian terkenal, dan di abaikan oleh bamgsa-bangsa lain, menjadi
bangsa yang maju.
Sekarang
Islam adalah agama yang banyak dianut oleh Negara-negara baik bagian timur
maupun di asia,terutama diindonesia.
Pembaahasan
sejarah perkembangan Islam yang sangat
panjang dan luas tidak bisa di lepaskan dari pembahasan sejarah perkembangan politiknya.
Bukan karena persoalan-persoalan politik
sangat menetukan perkembangan aspek-aspek peradaban tertentu seperti akan
terlihat dalam pembahasan ini, tetapi terutama karena sistem politik dan pemerintahan itu sendiri merupakan salah satu
aspek penting dari peradaban, sebagai mana di sebutkan di atas. Berbeda dengan
pembabakan sejarah dunia Islam yang sudah cukup mapan, periodesasi sejarah
Islam Indonesia belum lagi jelas. Hal itu terutama karena karya-karya sejarah
Islam di Indonesia yang memaparkan secarah lenkap masih sangat langka.
BAB II
PEMBAHASAN
PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM
DIINDONESIA
A.
KERAJAAN
SAMUDRA PASAI
Orang-orang
islam telah mendirirkan kampung-kampung di tepi pantai mereka berasal dari pada
saudagar-saudagar arab,parsi,gujurat dan Malabar. Mereka telah kawin dengan
anak negeri dan mereka membeli budak-budak lalu mereka merdekakan. Kehidupan
mereka,makanan mereka yang bersih menyebabkan hidup mereka yang baik.Kabar
berita bahwa masyarakat islam telah ada di pantai sumatera itu rupanya sampai
juga Makkah dan menjadi perhatian besar dari pada Syarif. Sehingga baginda
anjurkan seorang ulama bernama Syeikh Ismail datang kenegeri Samuera
Aceh,karena diantara negeri-negeri tepi
pantai yang begitu banyak,nama Samudera lebih dikenali.
Syekh
Ismail berangkat menuju Samudera dan berlabuhlah kapalnya dimalabar (disebut
juga mu’tabar)sebelum menruskan perjalanan ke Aceh. Disana tuan Seikh berjumpa
lagi dengan seorang bekas raja,yang oleh karena asyiknya memperdalam paham
Tasawuf,ditinggalkanya kerajaanya,lalu dipakainya gelar orang sufi,yaitu
‘fakir’ Muhammad,dan dia adalah keturunan dari pada sayidina Abu Bakar Siddiq
,sahabat nabi.
1.
Al-Malikus
Saleh Raja Samudera 1
Dekat sebuah
kampung yang memang bernama samudera,ditepi sebua sungai yang bernama Pase,yang
bermuara keteluk lho’ seumawe dan
diseberang sungai itu dekat dari bekas kerajaan pasai dahulu terdapatlah makam
raja-raja samudera pasai itu. Batunya itu terdiri dari pada pualam putih,diukir
dengan tulisan arab huruf riq’ah yang sangat indah. Yang tertua diantaranya
ialah bertarikh hijrah 692,bersetuju dengan tahun 1297 M.jelasla nama raja yang
pertama itu,yaitu AL-Malikus Saleh.
2.
AL-Malikus-Zahir
1 (1297-1326)
Sultan yang
ketiga bergeler Al-Mlikus-zahir juga,Dan bernama raja ahmad banyak
sultan-sultan yang memekai gelar al-makus-zahir,walaupun orangnya terlah
berganti-ganti.sangat besar kemungkinan bahwa sultan inilah yang di temui oleh
pengembara ibnu batuta seketika ia singgah
negeri pasai ini tatkala ia di utus oleh sultan delhi ke tiongkok pada
tahun 1345 M ketika akan pergi kejum’at bagimda Berjalan kaki dan pulangnya
barulah naik kendaraan gajah atau kuda ,bagiunda suka sekali mengembangkan
agama ke negeri-negeri yang berdekatan dan mana-mana negeri yang belum mau memeluk agama
islam,dengan segala kerendahan,sudi membayar upeti kepada kerajaan bagimda
setiap waktunya yang di tentukan.
Kealiman sultan
itu dan kemajuaan mashab syafei’ dalam negerinya rupanya telah rupanya telah
menjadi daya penarik bagi kedatangan ulama-ulama islam terutama yang bermashab
syafei’ pula yaitu mesir,makkah,madinah,pantai yaman,hadra maut dan Malabar
sehingga selain menjadi sebuah Bandar yang besar dalam pernigaan pasaipun
menjadi pusat pembelajaran agama islam.
3.Zainal
abidin(1350)
Zainal
abidin naik tahta di usia masih kecil,sehingga yang menjalankan pemerintahan
adalah orang-orang besar dalam kerajaan.saat itu terjadi kekosongan karena
hilangnya raja yang bijaksana itu,yang bukan saja memegang kendali
pemerintahan,tetapi juga tempat memintah patwah agama.perkataan bahwa sanya
raja iskandar anak raja pasai dibawah oleh cheng ho dalam perlawatan kepasai
tahun 1412 itu menziarahi tiongkok dan
datang menghadap seri maharaja tiongkok.tetapi,sampai di tiongkok raja iskandar
mati terbunuh.
Semenjak itu
hubungan pasai dan tiongkok merenggang.dalam catatan sejarah disebutkan,bahwa
utusan pasai terakhir datang ketiongkok pada tahun 1413 M.
Kejayaan malaka dimulai pada masa
sultan Muhammad syah (yang kawin dengan seorang putrid pasai)sampai kepada
sultan iskandar syah,sultan ahmad syah,sultan muzzafar syah sultan mansyur
syah, negeri malaka kian lama kian naik dan pan pasai kian lama kian
turun.pelabuhan pasai makin sepi,kapal-kapal lebih banyak berlabu di pelabuhan
malaka ,katena pantainya sudah mulai dangkal.Cuma dalam adat istiadat Melaka
selalu melebihkan pasai dari pada negeri-negeri lain.
Akhirnya pasai berakhir,dan Cuma
berbekas kuburan-kuburan tua dan padang sepi,yang jadi pengingat dan bahan
sejarah bagi pendatang .
B.
KERAJAAN
ISLAM MALAKA
Diawal abad ke
14 negeri malaka masi dibawah kekuasaan siam.tetapi ditanah jawa telah muncul
kerajaan hindu majapahit yang akan menjadi lawan yang kuat dari syamdlam
memperebutkan kekuasaan diselat malaka.maka ditahun 1331M pati gaja mada
mendapat kepercayaan dari batara majpahit,lalu dijadikan patih dengan kekuasaan
yang besar,politik yang tegas,dengan memperluas kekuasaanya dan merebut
negeri-negeri yang selama ini dikuasai syam.
1.
Raja
melayu hindu singapura pindah kemalaka.
Dengan jatuhnya
kerajaan melayu hindu disingapura karena serangan majapahit,maka raja singapura
itu brangkat meninggalkan negerinya yang
telah runtuh.baginda bernama permaisura dan memakai gelar raja kecil besar
(raja Mahmud syah).
Menurut
keterangan barros (ahli sejarah dari portugis).beliau memeluk agama islam
sekitar tahun 1384 M.sejak itula baginda resmi mrngakui dirinya sebagai sultan
negeri malaka.
2.
Penghubung
dengan tiongkok
Di awal tahun
1403 terjadi pergeseran kekuasaan di tiongkok dalam keluarga dinasti ming maha
raja cheng tsu merebut kuasa dari maha raja hwui ti.sultan Muhammad syah
memperhitungkan bahwasanya raja yang baru naik pasti akan menang jika hubungan
dengan negeri-negeri selatan di perkukuh.baginda merasa mereka saling
membutuhkan.kemudian baginda mengitim utusan ke tiongkok,untuk mengikat tali
persahabatan.usulan itu sangat diterimah dan dihargai oleh raja tiongkok.dan
raja tiongkok pun mengirim utusan datang kemalaka bersamaan dengan pulangnya
utusan dari malaka.mereka membawa berbagai hadiah antara lain kain sutera
bertabur bunga keemasan,tabir yang berhias dengan emas dan lain-lain.
Untuk
memperkenalkan kebesaran tiongkok ke negeri-negeri sebelah selatan,kaisar cheng
tsu telah mengangkat seorang duta besar,dan juga seorang laksamana untuk utusan
persahabatan ke negeri-negeri sebelah selatan orang itu bernama laksamana cheng
ho atau dalam bahasa hokian sham po.cheng ho berlayar kearah selatan engan
membawa 62 kapal yang masing-masing panjangnya 400 kaki dan lebarnya 180
kaki.dengan jumlah keseluruhan tentara yaitu 27.000 tentara.tahun 1405 bdia
meninggalkan tiongkok singga dimalaka menyerahkan cap mohor hadia dari rajanya
kepada raja malaka.
Atas anjuran
cheng ho,sultan Muhammad syah bersama anak istrinya datang ke tiongkok diiringi
oleh 450 orang pengiring.diterima dengan gembira dan diberi hadiah 100 tahil
emas,4000 ringgit wang kertas 2600 wang perak 200 kayu kain sutera diikat
dengan emas.dan pulangnya raja membawa beberapa ahli pertukangan beragama islam
yang telah ikut mendirikan masjid-masjid di negeri malaka yang sampai sekarang
masi bisa kita temui,terutama masjid tertua dengan arsitektur tiongkok.
Kapal-kapal
simpang siur keluar dan msuk negeri malaka,dari jawa membawa beras,dari Maluku
membawa rempah-rempah dari Sulawesi membawa setanggi makasar yang terkenal,dan
lain-lain.dan pertolongan dari tiongkok,cheng ho dan rombonganya membawa
namanya yang harum ke kekaisar tiongkok.kaisar tiongkok tak merasa
keberatandengan kemajuan agama islam karena baginya yang terpenting adalah kalancaran
perniagaan tiongkok keselatan.
3.
Sultan
iskandar syah. (1414-1424)
Setelah sultan
Muhammad syah meninggal,lau naikla putranya yang bernama raja iskandar dengan
gelar sultan iskandar syah.setlah naik tahta raja inipun segera ketiongkok
untuk mengikat persahabatan sekaligus memintah pengakuan dari raja
tiongkok.beliau berangkat bersama kepulangan laksamana cheng ho yang baru
pulang dari perjalanan ke samudra pasai.
4.
Sultan
Muzzafar syah (raja besar muda) 1426- 1459
Sultan iskandar
syah meninggalkan 2 orang putra ketika ia meninggal yaitu :raja kasim dan raja
Ibrahim. Tetapi karena bujuka permaisuri raja Ibrahim diangkat menjadi
raja.padahal ia masih berusia setahun lima bulan dan bergelar sultan
syahid,maka untuk pemangku jabatan raja ialah saudar dari ibunya,yaitu raja
rokan.sedangkan kakanya yaitu raja kasim diusir dari istana dan tidak
diperbolehkan mendekat,dia menjadi nelayan ditepi pantai.
Setelah sultan
bau syahid meninggal,naikla raja kasim keatas tahta kerajaan karena kemenangan
melawan musuh-musuhnya.beliau memerintah selama 20 tahun,beliu terkenal dengan
keadilanya,rakyatnya yang makmur,memperkuat aturan yang telah dibuat oleh
kakeknya terutama dengan pembagian tugas dan kewajiban para menteri.tetapi
kebijaksanaan rajanya tidak tidaklah
menyenangkan musuh lama yaitu negeri syam.maka raja siam mengitim surat lewat
utusanya kepada raja malaka yang berisi penghidupan kembali adat istiadat nenek
moyangnya yaitu menyembah kesiam dan membayar bunga emas (40 tahil emas per
tahun). raja malaka membalas surat tersebut yang berisi bahwa sanya malaka
adalah sebuah kerajaan yang berkuasa penuh dan dia tidak dapat memenuhi
permintaan raja siam.
Raja siam murka,
kemudian mengirimkan pasukan untuk menyerbu negeri malaka tetapi mereka gagal.kemudian
mengirim pasukan kembali dibawah pimpinan anaknya tetapi gagal lagi.setelah
memerintah selama 20 tahun lamanya,pada tahun 1444 akhirnya sultan muzaffar
syah meninggal.
5.
Sultan
mansyur syah (1459-1477)
Ia adalah putra
dari sultan muzaffar syah.yang pertama ia lakukakan adalah membebaskan
negerinya dari jajahan,dan menghabisi sisa sisa tentara siam yang masi
hidup.tetapi wakil raja siam yaitu dewa
sura berhasil melarikan diri.
BAB
III
KESIMPULAN
Jadi
yang dapat kami simpulkan,dalam pembahasan ini adalah ;bahwa kerajaan islam
yang pertama adalah kerajaan pasai dengan raja-rajanya yaitu Al-Malikus Saleh Raja Samudera 1, AL-Malikus-Zahir 1 pada tahun
(1297-1326), dan kemudian,Zainal
abidin(1350).kerajaan yang selanjutnya adalah kerajaan malaka,dengan
raja-rajanya yaitu : Sultan iskandar syah. (1414-1424), Sultan Muzzafar syah (raja besar muda) 1426- 1459, dan Sultan mansyur syah (1459-1477).
Kedua
kerajaan ini menganut system munarki (system keturunan).kemajuan yang dialami
pasai yaitu pernah menjadi pusat pembelajaran agama islam (kususnya yng
bermazhab syafe’i)ketika masa raja AL-Malikus-Zahir 1 pada tahun pada tahun
1297-1326,tetapi kemunduran terjadi ketika raja Zainal abiding naik tahta karena,pada saat itu ia mesi
balita,dan yang memegang kekuasaan adalah pamannya.
DAFTAR
PUSTAKA
Hamka,1994.“Sejarah Umat Islam”,kerjaya
printingindustries Pte Ltd;singapore
PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA
Menurut buku karangan " hamka "
MGM Grand Detroit Casino & Hotel - Mapyro
BalasHapusFind MGM Grand Detroit Casino 서산 출장샵 & 대구광역 출장샵 Hotel, 남원 출장샵 Michigan, United States, ratings, photos, prices, expert advice, 울산광역 출장안마 traveler reviews and tips, and more information from 원주 출장안마