Selasa, 14 Mei 2013

Perkembangan Islam Di Indonesia Menurut Buku karangan "Hamka"


PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA 
Menurut buku karangan " hamka " 
IAIN Warna2

BAB I
PENDAHULUAN
Islam yang diwahyukan kepada nabi Muhammad SAW. telah membawa bangsa arab yang semula terbelakang, bodoh, tidak ungkapan tentang semangat mendalam suatu masyarakat. Dalam pengertian terkenal, dan di abaikan oleh bamgsa-bangsa lain, menjadi bangsa yang maju. 
Sekarang Islam adalah agama yang banyak dianut oleh Negara-negara baik bagian timur maupun di asia,terutama diindonesia.
Pembaahasan sejarah perkembangan  Islam yang sangat panjang dan luas tidak bisa di lepaskan dari pembahasan sejarah perkembangan politiknya. Bukan karena persoalan-persoalan politik  sangat menetukan perkembangan aspek-aspek peradaban tertentu seperti akan terlihat dalam pembahasan ini, tetapi terutama karena sistem politik dan  pemerintahan itu sendiri merupakan salah satu aspek penting dari peradaban, sebagai mana di sebutkan di atas. Berbeda dengan pembabakan sejarah dunia Islam yang sudah cukup mapan, periodesasi sejarah Islam Indonesia belum lagi jelas. Hal itu terutama karena karya-karya sejarah Islam di Indonesia yang memaparkan secarah lenkap masih sangat langka.
BAB II
PEMBAHASAN
PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM DIINDONESIA

A.    KERAJAAN SAMUDRA  PASAI
Orang-orang islam telah mendirirkan kampung-kampung di tepi pantai mereka berasal dari pada saudagar-saudagar arab,parsi,gujurat dan Malabar. Mereka telah kawin dengan anak negeri dan mereka membeli budak-budak lalu mereka merdekakan. Kehidupan mereka,makanan mereka yang bersih menyebabkan hidup mereka yang baik.Kabar berita bahwa masyarakat islam telah ada di pantai sumatera itu rupanya sampai juga Makkah dan menjadi perhatian besar dari pada Syarif. Sehingga baginda anjurkan seorang ulama bernama Syeikh Ismail datang kenegeri Samuera Aceh,karena diantara negeri-negeri  tepi pantai yang begitu banyak,nama Samudera lebih dikenali.
Syekh Ismail berangkat menuju Samudera dan berlabuhlah kapalnya dimalabar (disebut juga mu’tabar)sebelum menruskan perjalanan ke Aceh. Disana tuan Seikh berjumpa lagi dengan seorang bekas raja,yang oleh karena asyiknya memperdalam paham Tasawuf,ditinggalkanya kerajaanya,lalu dipakainya gelar orang sufi,yaitu ‘fakir’ Muhammad,dan dia adalah keturunan dari pada sayidina Abu Bakar Siddiq ,sahabat nabi.
1.      Al-Malikus Saleh Raja Samudera 1
Dekat sebuah kampung yang memang bernama samudera,ditepi sebua sungai yang bernama Pase,yang bermuara keteluk lho’ seumawe  dan diseberang sungai itu dekat dari bekas kerajaan pasai dahulu terdapatlah makam raja-raja samudera pasai itu. Batunya itu terdiri dari pada pualam putih,diukir dengan tulisan arab huruf riq’ah yang sangat indah. Yang tertua diantaranya ialah bertarikh hijrah 692,bersetuju dengan tahun 1297 M.jelasla nama raja yang pertama itu,yaitu AL-Malikus Saleh.
2.      AL-Malikus-Zahir 1 (1297-1326)
Sultan yang ketiga bergeler Al-Mlikus-zahir juga,Dan bernama raja ahmad banyak sultan-sultan yang memekai gelar al-makus-zahir,walaupun orangnya terlah berganti-ganti.sangat besar kemungkinan bahwa sultan inilah yang di temui oleh pengembara ibnu batuta seketika ia singgah  negeri pasai ini tatkala ia di utus oleh sultan delhi ke tiongkok pada tahun 1345 M ketika akan pergi kejum’at bagimda Berjalan kaki dan pulangnya barulah naik kendaraan gajah atau kuda ,bagiunda suka sekali mengembangkan agama ke negeri-negeri yang berdekatan dan mana-mana  negeri yang belum mau memeluk agama islam,dengan segala kerendahan,sudi membayar upeti kepada kerajaan bagimda setiap waktunya yang di tentukan.
Kealiman sultan itu dan kemajuaan mashab syafei’ dalam negerinya rupanya telah rupanya telah menjadi daya penarik bagi kedatangan ulama-ulama islam terutama yang bermashab syafei’ pula yaitu mesir,makkah,madinah,pantai yaman,hadra maut dan Malabar sehingga selain menjadi sebuah Bandar yang besar dalam pernigaan pasaipun menjadi pusat pembelajaran agama islam.
3.Zainal abidin(1350)
            Zainal abidin naik tahta di usia masih kecil,sehingga yang menjalankan pemerintahan adalah orang-orang besar dalam kerajaan.saat itu terjadi kekosongan karena hilangnya raja yang bijaksana itu,yang bukan saja memegang kendali pemerintahan,tetapi juga tempat memintah patwah agama.perkataan bahwa sanya raja iskandar anak raja pasai dibawah oleh cheng ho dalam perlawatan kepasai tahun 1412  itu menziarahi tiongkok dan datang menghadap seri maharaja tiongkok.tetapi,sampai di tiongkok raja iskandar mati terbunuh.
Semenjak itu hubungan pasai dan tiongkok merenggang.dalam catatan sejarah disebutkan,bahwa utusan pasai terakhir datang ketiongkok pada tahun 1413 M.
Kejayaan malaka dimulai pada masa sultan Muhammad syah (yang kawin dengan seorang putrid pasai)sampai kepada sultan iskandar syah,sultan ahmad syah,sultan muzzafar syah sultan mansyur syah, negeri malaka kian lama kian naik dan pan pasai kian lama kian turun.pelabuhan pasai makin sepi,kapal-kapal lebih banyak berlabu di pelabuhan malaka ,katena pantainya sudah mulai dangkal.Cuma dalam adat istiadat Melaka selalu melebihkan pasai dari pada negeri-negeri lain.
Akhirnya pasai berakhir,dan Cuma berbekas kuburan-kuburan tua dan padang sepi,yang jadi pengingat dan bahan sejarah bagi pendatang .
  
B.     KERAJAAN ISLAM MALAKA
Diawal abad ke 14 negeri malaka masi dibawah kekuasaan siam.tetapi ditanah jawa telah muncul kerajaan hindu majapahit yang akan menjadi lawan yang kuat dari syamdlam memperebutkan kekuasaan diselat malaka.maka ditahun 1331M pati gaja mada mendapat kepercayaan dari batara majpahit,lalu dijadikan patih dengan kekuasaan yang besar,politik yang tegas,dengan memperluas kekuasaanya dan merebut negeri-negeri yang selama ini dikuasai syam.
1.      Raja melayu hindu singapura pindah kemalaka.
Dengan jatuhnya kerajaan melayu hindu disingapura karena serangan majapahit,maka raja singapura itu brangkat meninggalkan  negerinya yang telah runtuh.baginda bernama permaisura dan memakai gelar raja kecil besar (raja Mahmud syah).
Menurut keterangan barros (ahli sejarah dari portugis).beliau memeluk agama islam sekitar tahun 1384 M.sejak itula baginda resmi mrngakui dirinya sebagai sultan negeri malaka.
2.        Penghubung dengan tiongkok
Di awal tahun 1403 terjadi pergeseran kekuasaan di tiongkok dalam keluarga dinasti ming maha raja cheng tsu merebut kuasa dari maha raja hwui ti.sultan Muhammad syah memperhitungkan bahwasanya raja yang baru naik pasti akan menang jika hubungan dengan negeri-negeri selatan di perkukuh.baginda merasa mereka saling membutuhkan.kemudian baginda mengitim utusan ke tiongkok,untuk mengikat tali persahabatan.usulan itu sangat diterimah dan dihargai oleh raja tiongkok.dan raja tiongkok pun mengirim utusan datang kemalaka bersamaan dengan pulangnya utusan dari malaka.mereka membawa berbagai hadiah antara lain kain sutera bertabur bunga keemasan,tabir yang berhias dengan emas dan lain-lain.
Untuk memperkenalkan kebesaran tiongkok ke negeri-negeri sebelah selatan,kaisar cheng tsu telah mengangkat seorang duta besar,dan juga seorang laksamana untuk utusan persahabatan ke negeri-negeri sebelah selatan orang itu bernama laksamana cheng ho atau dalam bahasa hokian sham po.cheng ho berlayar kearah selatan engan membawa 62 kapal yang masing-masing panjangnya 400 kaki dan lebarnya 180 kaki.dengan jumlah keseluruhan tentara yaitu 27.000 tentara.tahun 1405 bdia meninggalkan tiongkok singga dimalaka menyerahkan cap mohor hadia dari rajanya kepada raja malaka.
Atas anjuran cheng ho,sultan Muhammad syah bersama anak istrinya datang ke tiongkok diiringi oleh 450 orang pengiring.diterima dengan gembira dan diberi hadiah 100 tahil emas,4000 ringgit wang kertas 2600 wang perak 200 kayu kain sutera diikat dengan emas.dan pulangnya raja membawa beberapa ahli pertukangan beragama islam yang telah ikut mendirikan masjid-masjid di negeri malaka yang sampai sekarang masi bisa kita temui,terutama masjid tertua dengan arsitektur tiongkok.
Kapal-kapal simpang siur keluar dan msuk negeri malaka,dari jawa membawa beras,dari Maluku membawa rempah-rempah dari Sulawesi membawa setanggi makasar yang terkenal,dan lain-lain.dan pertolongan dari tiongkok,cheng ho dan rombonganya membawa namanya yang harum ke kekaisar tiongkok.kaisar tiongkok tak merasa keberatandengan kemajuan agama islam karena baginya yang terpenting adalah kalancaran perniagaan tiongkok keselatan.

3.      Sultan iskandar syah. (1414-1424)
Setelah sultan Muhammad syah meninggal,lau naikla putranya yang bernama raja iskandar dengan gelar sultan iskandar syah.setlah naik tahta raja inipun segera ketiongkok untuk mengikat persahabatan sekaligus memintah pengakuan dari raja tiongkok.beliau berangkat bersama kepulangan laksamana cheng ho yang baru pulang dari perjalanan ke samudra pasai.

4.      Sultan Muzzafar syah (raja besar muda) 1426- 1459

Sultan iskandar syah meninggalkan 2 orang putra ketika ia meninggal yaitu :raja kasim dan raja Ibrahim. Tetapi karena bujuka permaisuri raja Ibrahim diangkat menjadi raja.padahal ia masih berusia setahun lima bulan dan bergelar sultan syahid,maka untuk pemangku jabatan raja ialah saudar dari ibunya,yaitu raja rokan.sedangkan kakanya yaitu raja kasim diusir dari istana dan tidak diperbolehkan mendekat,dia menjadi nelayan ditepi pantai.
Setelah sultan bau syahid meninggal,naikla raja kasim keatas tahta kerajaan karena kemenangan melawan musuh-musuhnya.beliau memerintah selama 20 tahun,beliu terkenal dengan keadilanya,rakyatnya yang makmur,memperkuat aturan yang telah dibuat oleh kakeknya terutama dengan pembagian tugas dan kewajiban para menteri.tetapi kebijaksanaan rajanya tidak  tidaklah menyenangkan musuh lama yaitu negeri syam.maka raja siam mengitim surat lewat utusanya kepada raja malaka yang berisi penghidupan kembali adat istiadat nenek moyangnya yaitu menyembah kesiam dan membayar bunga emas (40 tahil emas per tahun). raja malaka membalas surat tersebut yang berisi bahwa sanya malaka adalah sebuah kerajaan yang berkuasa penuh dan dia tidak dapat memenuhi permintaan raja siam.
Raja siam murka, kemudian mengirimkan pasukan untuk menyerbu negeri malaka tetapi mereka gagal.kemudian mengirim pasukan kembali dibawah pimpinan anaknya tetapi gagal lagi.setelah memerintah selama 20 tahun lamanya,pada tahun 1444 akhirnya sultan muzaffar syah meninggal.
5.      Sultan mansyur syah (1459-1477)
Ia adalah putra dari sultan muzaffar syah.yang pertama ia lakukakan adalah membebaskan negerinya dari jajahan,dan menghabisi sisa sisa tentara siam yang masi hidup.tetapi wakil raja siam  yaitu dewa sura berhasil melarikan diri.
  
BAB III
KESIMPULAN

Jadi yang dapat kami simpulkan,dalam pembahasan ini adalah ;bahwa kerajaan islam yang pertama adalah kerajaan pasai dengan raja-rajanya yaitu Al-Malikus Saleh Raja Samudera 1, AL-Malikus-Zahir 1 pada tahun (1297-1326), dan kemudian,Zainal abidin(1350).kerajaan yang selanjutnya adalah kerajaan malaka,dengan raja-rajanya yaitu : Sultan iskandar syah. (1414-1424), Sultan Muzzafar syah (raja besar muda) 1426- 1459, dan Sultan mansyur syah (1459-1477).
Kedua kerajaan ini menganut system munarki (system keturunan).kemajuan yang dialami pasai yaitu pernah menjadi pusat pembelajaran agama islam (kususnya yng bermazhab syafe’i)ketika masa raja AL-Malikus-Zahir 1 pada tahun pada tahun 1297-1326,tetapi kemunduran terjadi ketika raja Zainal abiding  naik tahta karena,pada saat itu ia mesi balita,dan yang memegang kekuasaan adalah pamannya.
DAFTAR PUSTAKA
Hamka,1994.“Sejarah Umat Islam”,kerjaya printingindustries Pte Ltd;singapore

1 komentar:

  1. MGM Grand Detroit Casino & Hotel - Mapyro
    Find MGM Grand Detroit Casino 서산 출장샵 & 대구광역 출장샵 Hotel, 남원 출장샵 Michigan, United States, ratings, photos, prices, expert advice, 울산광역 출장안마 traveler reviews and tips, and more information from 원주 출장안마

    BalasHapus